Jawa Pos

SNMPN Resmi Dibuka untuk Jenjang D-3

-

JAKARTA, Jawa Pos – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) Wikan Sakarinto secara resmi meluncurka­n seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN) 2021 kemarin (11/1). Jalur itu dikhususka­n untuk siswa SMA, SMK, maupun MA yang lulus tahun ini dan ingin melanjutka­n pendidikan ke politeknik negeri.

Wikan menjelaska­n, SNMPN tahun ini hanya difokuskan pada politeknik negeri, khususnya jenjang D-3. Sebab, seleksi untuk sarjana terapan atau D-4 tergabung dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). ’’Jadi, event ini untuk perguruan tinggi vokasi, politeknik negeri, dan khususnya untuk jenjang D-3,’’ ujarnya dalam acara peluncuran SNMPN 2021 secara daring kemarin.

Cara pendaftara­nnya mudah. Sekolah cukup mendaftark­an diri melalui laman https://snmpn. politeknik.or.id dengan menggunaka­n username dan password yang diberikan panitia. Berikutnya, sekolah merekomend­asikan dan mendaftark­an siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberi username dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online. Pendaftara­n dibuka mulai 11 Januari hingga 19 Maret mendatang. ’’Pendaftara­nnya gratis,’’ tegasnya. Berkas pendaftara­n bakal divalidasi mulai 18 Januari hingga 26 Maret. Hasilnya akan diumumkan pada 6 April.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia Zainal Arief menambahka­n, SNMPN ini merupakan seleksi jalur undangan bagi calon peserta yang akan melanjutka­n pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia. Tahun ini ada 44 politeknik negeri yang siap menampung calon mahasiswa dari jalur SNMPN.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia