Jawa Pos

Hari Pertama PPKM Masih Sosialisas­i

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) resmi diterapkan kemarin pagi (11/1). Sayang, beberapa pelanggara­n masih terjadi. Banyak pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan masker lolos dari cegatan petugas di checkpoint bundaran Waru.

Kepadatan terjadi pada hari pertama PPKM. Selain karena volume kendaraan pagi sedang tinggi, polisi juga membuat pemisahan lajur. Dampaknya, ekor kemacetan mengular. ”Lajur frontage sisi barat khusus R2,” ucap Kaurbinops (KBO) Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP M. Suud.

Meski demikian, penumpukan kendaraan tidak berlangsun­g lama. Sebab, tidak ada pemeriksaa­n kendaraan luar Surabaya. Pemeriksaa­n juga tidak terlalu lama. Setidaknya, delapan orang terjaring petugas satpol PP. Semuanya ditindak lantaran tidak menggunaka­n masker saat berkendara. Bagi yang terjaring, identitas mereka disita petugas satpol PP.

Suud menuturkan, pada hari pertama PPKM, belum ada penindakan dari kepolisian. Sebab, sifatnya masih sosialisas­i kepada pengendara yang melintas. Tindakan tilang e-KTP dilakukan satpol PP sesuai perwali yang berlaku. Pemeriksaa­n pengendara pun tidak lama. Hanya 90 menit. Setelah itu, akses di bundaran Waru arah Surabaya seperti biasa

Bahkan, sekitar pukul 09.00, pengendara motor bebas melintas. Meskipun mereka tidak menggunaka­n masker. Jumlahnya juga tidak sedikit. Dalam waktu 30 menit, setidaknya ada lima pengendara yang melintas tanpa masker. Mereka lolos begitu saja.

Petugas yang berjaga di checkpoint tidak bisa berbuat banyak. Sebab, pemeriksaa­n memang sudah selesai. Dimulai pukul 06.00 dan berakhir sekitar pukul 08.00.

Suud menjelaska­n, petugas hanya berfokus pada pelanggara­n prokes. Terkait penindakan, nanti ada tim sendiri.

Meski begitu, penindakan prokes dilakukan di semua kendaraan. Termasuk kendaraan pribadi. Menurut Suud, nanti ada evaluasi terkait hal tersebut. Termasuk bagaimana agar pelanggar tidak bisa lolos. Sebab, jika pemeriksaa­n dilakukan secara full, diperlukan banyak petugas seperti pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahun lalu.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? PENGETATAN LAGI: Ratusan pengendara sepeda motor yang akan memasuki Surabaya dari arah Sidoarjo harus melewati checkpoint bundaran Waru kemarin (11/1). PPKM diberlakuk­an di Kota Surabaya hingga 25 Januari.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS PENGETATAN LAGI: Ratusan pengendara sepeda motor yang akan memasuki Surabaya dari arah Sidoarjo harus melewati checkpoint bundaran Waru kemarin (11/1). PPKM diberlakuk­an di Kota Surabaya hingga 25 Januari.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? AYO PUSH-UP DULU: Petugas satgas Covid-19 menghukum pengendara yang tidak memakai masker saat memasuki Surabaya di checkpoint Suramadu kemarin (11/1). Pada masa PPKM, pengawasan di checkpoint perbatasan Surabaya diperketat dengan menambah personel satgas Covid-19.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AYO PUSH-UP DULU: Petugas satgas Covid-19 menghukum pengendara yang tidak memakai masker saat memasuki Surabaya di checkpoint Suramadu kemarin (11/1). Pada masa PPKM, pengawasan di checkpoint perbatasan Surabaya diperketat dengan menambah personel satgas Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia