Jawa Pos

Wabup dan Sekda Diuji Usap

-

BANGKALAN, Jawa Pos – Uji usap (swab test) dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di lingkungan Pemkab Bangkalan dilanjutka­n. Kemarin (11/1) giliran Wakil Bupati (Wabup)

Mohni, Sekretaris Daerah (Sekda) Moh. Taufan Zairinsyah, dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjalani tes.

Asisten, staf ahli, inspektur, kepala badan, dan kepala bagian sekretaria­t daerah (setda) juga tidak luput dari pemeriksaa­n di rumah dinas (rumdin) Wabup tersebut. Uji usap tersebut merupakan bentuk antisipasi persebaran Covid-19 di lingkungan Pemkab Bangkalan. ”Ini sebagai contoh kepada jajaran di bawah, termasuk kepada masyarakat, bahwa kami ini menjalani swab test untuk memutus persebaran,” terang Mohni.

Jika dari hasil uji usap tersebut ada yang terpapar Covid-19, mereka wajib melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing atau di gedung balai diklat. ”Saya tidak bisa berandai-andai, kalau ada yang terkonfirm­asi, WFH diperpanja­ng atau tidak,” ujarnya. Seluruh OPD di Bangkalan menjalani WFH pada 4–17 Januari.

Hasil swab PCR untuk Wabup, Sekda, asisten, staf ahli, inspektur, kepala badan, kepala OPD, dan kepala bagian setda keluar 2–3 hari ke depan. Sekitar 44 pejabat mengikuti pemeriksaa­n bersama Wabup.

Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo menjelaska­n, swab PCR masal berlanjut ke kepala pasar dan camat besok (13/1). Sebab, pejabat tersebut sering bersentuha­n dengan banyak orang. Diperkirak­an, ada 47 pejabat yang di-swab PCR. Perinciann­ya, 29 kepala pasar dan 18 camat. Jika ternyata ada yang terkonfirm­asi positif Covid-19, segera isolasi mandiri. Cara itu lebih cepat untuk memutus persebaran virus korona. ”Semacam antisipasi dini supaya tidak menular ke yang lain dan keluarga masing-masing,” katanya.

Kadinkes yang akrab disapa Yoyok itu menyatakan, saat ini kasus di klaster perkantora­n mengalami peningkata­n signifikan. Bukan hanya Bangkalan, tetapi juga di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

 ?? VIVIN AGUSTIN HARTONO/JPRM ?? ANTISIPASI: Salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Bangkalan menjalani uji usap PCR di rumdin Wabup kemarin.
VIVIN AGUSTIN HARTONO/JPRM ANTISIPASI: Salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Bangkalan menjalani uji usap PCR di rumdin Wabup kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia