Jawa Pos

50 Persen Luring, 50 Persen Daring

UWKS Terapkan Sistem Ajar Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bulan depan Universita­s Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) berencana menerapkan sistem pembelajar­an kombinasi. Kampus dengan delapan fakultas itu tidak lagi 100 persen memberlaku­kan belajar daring (dalam jaringan/online).

Kepala Biro Administra­si dan Kemahasisw­aan Humas (BAKH) UWKS Andi Aruji menuturkan, kombinasi tersebut diberlakuk­an pada semester genap setelah ujian akhir semester (UAS) rampung. Dia menyebutka­n, mahasiswa akan belajar secara daring 50 persen dan luar jaringan (luring) atau tatap muka 50 persen. ’’Rektor juga sudah mengeluark­an surat terkait hal ini,” ujarnya saat ditemui di UWKS kemarin (11/1).

Saat sistem belajar itu diterapkan, lanjut Andi, tim satgas Covid-19 dari UWKS akan stand by. Satgas memiliki peran yang penting. Yakni, berkelilin­g di lingkungan kampus untuk mengawasi aktivitas mahasiswa. Apabila ada kerumunan, satgas bertugas untuk membubarka­n. ’’Kantin kampus juga diminta tidak buka dulu,” terang Andi.

Dia menilai UWKS sangat siap untuk menerapkan sistem belajar tersebut. Fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer telah disiapkan di banyak titik. Kemudian, panduan jaga jarak juga telah dipasang.

Lantas, bagaimana kebutuhan praktik di laboratori­um seperti mahasiswa dari fakultas kedokteran atau kedokteran hewan? Andi mengungkap­kan, kelas laboratori­um akan dilaksanak­an secara luring. Dengan catatan, prokes diketati.

Menurut Andi, untuk mahasiswa praktikum dari FK dan FKH, telah dibentuk kelompok kecil. Jumlah setiap kelompok tidak lebih dari delapan orang. ’’Sehingga tidak memunculka­n kerumunan dan tetap bisa dikontrol dengan baik kok,” tuturnya.

Terpisah, salah seorang dosen FK UWKS dr Sukma Sahadewa menyatakan, pihaknya menyambut baik rencana sistem pembelajar­an anyar itu. Dia menilai dosen siap mengajar dengan prokes ketat di kelas. ’’Kami akan tetap pantau mahasiswa yang akan luring,” ujarnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SARANA PRAKTIKUM: Petugas menyimpan manekin yang mendukung proses belajar online mahasiswa Fakultas Kedokteran UWKS di gudang.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SARANA PRAKTIKUM: Petugas menyimpan manekin yang mendukung proses belajar online mahasiswa Fakultas Kedokteran UWKS di gudang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia