Jawa Pos

MENIKMATI PERJALANAN CINTA SAD BOY

Sobat Ambyar Rilis Besok di Netflix

-

MERAYAKAN PATAH HATI: Sobat Ambyar juga menghadirk­an sosok Didi Kempot. Film ini terinspira­si lagulagu penyanyi berjuluk Godfather of Broken Heart itu.

JAKARTA, Jawa Pos - Batal tayang di bioskop, film Sobat Ambyar dirilis di Netflix besok (14/1). Memiliki kemungkina­n ditonton bukan hanya di Indonesia, sang sutradara Charles Gozali merasa bangga. ”Sebagian besar dialognya pakai bahasa dan logat Jawa. Kami bersyukur bisa membawa ini ke level internasio­nal,” ujarnya dalam jumpa pers virtual kemarin sore (12/1).

Sobat Ambyar membawa spirit karya-karya almarhum Didi Kempot. Penyanyi berjuluk Godfather of Broken Heart itu akan muncul di film tersebut sebagai ikon ”patah hati, tapi dijogetin”. Kisah akan berfokus pada perjalanan asmara Jatmiko (Bhisma Mulia) si sad boy dan Saras (Denira Wiraguna) yang lebih banyak sedihnya ketimbang manisnya.

Bhisma mengaku sebagai penggemar almarhum Didi. Sejak kecil, aktor yang mengawali karir sebagai model itu sudah akrab dengan lagu-lagu patah hati Didi. ”Papa sama kakek saya pun suka,” ujar Bhisma.

Saking seringnya mendengar lagu Didi, Bhisma mengaku tak mengalami kesulitan ketika harus berperan sebagai Jatmiko si sad boy. Dia sudah paham bagaimana cara menghayati spirit lagu yang diterjemah­kan dalam bentuk naskah karya Bagus Bramanti. ”Saat workshop, juga dapat kesempatan untuk kenal langsung. Jadi makin akrab sama sosok Om Didi dan karyanya,” papar Bhisma.

PemilihanB­hismasebag­aipemeranu­tamatidak hanyaberda­sarperform­aaktingdan­kemampuan bahasa Jawa. Saat ngobrol dengan Charles dan Bagus, Bhisma mengungkap­kan bahwa dirinya punyakenan­ganpribadi­denganlagu­KalungEmas milik Didi. ”Pas dia cerita pengalaman­nya, saya langsung ngeh kalau dia ini adalah sosok sad boy seperti Jatmiko,” kata Bagus.

Sementara itu, Denira kali pertama datang ke konser Didi saat masa-masa workshop. Sebelumnya, Denira mengaku belum pernah melihat langsung sosok sang maestro lagu Jawa itu. ”Pas datang konsernya dan lihat beliaunya langsung, aku bener-bener merinding saking bagusnya lagulagu beliau,” kata Denira.

Sama dengan Bhisma, Denira –yang ceritanya nanti bikin Jatmiko galau– juga harus ikut workshop pendalaman karakter dan lagulagu Didi. Kebetulan, dia kebagian tugas mendalami satu lagu Didi berjudul Iki Weke Sopo. ”Awalnya bingung sih, tapi dibantu sama Pak Bagus,” katanya.

Meski masih enggan memaparkan detail cerita, Bagus menegaskan bahwa cerita Sobat Ambyar merupakan hasil diskusi dengan para penggemar Didi Kempot. Mulai yang die hard sampai yang biasa-biasa. Mulai yang pernah patah hati sampai yang sekadar menikmati. ”Lah wong saya sendiri itu juga pernah jadi sad boy,” selorohnya.

Sobat Ambyar –yang mengusung judul internasio­nal Heartbreak Club–bakalmenyu­guhkan cerita komedi romantis dengan sentuhan musik. Jika biasanya pemeran utama dari sebuah film adalah sosok bad boy atau charming boy, kini saatnya sad boy bersinar dengan segala kesedihan dan nelangsany­a. Selain Bhisma dan Denira, sejumlah cast lain ikut memeriahka­n Sobat Ambyar. Di antaranya, Sisca JKT48, Asri Welas, Mo Sidik, dan Erick Estrada.

Pada akhir jumpa pers, Bagus mengungkap­kan bahwa awalnya Sobat Ambyar sempat mau dibuat menjadi trilogi. ”Ada sad boy, ada sad girl. Tapi, ternyata ada kejadian besar yang datang, mulai kepergian Mas Didi sampai adanya pandemi. Kalau ada demand ke sana sih mau, tapi nggak tahu bakal tercapai atau nggak,” katanya.

 ??  ??
 ?? FOTO-FOTO: NETFLIX ??
FOTO-FOTO: NETFLIX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia