Jawa Pos

Pelabuhan Beroperasi Normal Selama PPKM

-

SURABAYA, Jawa Pos Pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai bergulir di Kota Surabaya. Berkaitan dengan hal itu, PT Pelindo III memastikan Pelabuhan Tanjung Perak tetap beroperasi secara normal. Ada pembatasan ruang tunggu dan peningkata­n pengawasan penumpang untuk mendukung PPKM.

VP Corporate Communicat­ion PT Pelindo III Suryo Khasabu menjelaska­n bahwa pengawasan penumpang kapal laut terus diperketat. Pelindo telah berkoordin­asi dengan berbagai instansi untuk memantau penumpang yang keluar masuk Surabaya via kapal. ”Yang pasti, pengawasan utama terkait protokol kesehatan (prokes). Kami memastikan seluruh penumpang tertib,” kata Suryo.

Menurut dia, Pelindo III juga mendukung aturan terkait dengan social distancing. Salah satunya, membatasi jumlah penumpang di ruang tunggu. ”Kapasitas GSN sebenarnya 4.000 orang. Sekarang dibatasi 1.500 orang,” tambah Suryo. Menurut dia, pembatasan ruang tunggu mulai diberlakuk­an saat pandemi. Kebijakan itu diteruskan saat penerapan

PPKM. Suryo memastikan bahwa Pelindo III telah melakukan sosialisas­i.

Bukan hanya kepada penumpang. Pelindo juga memberikan informasi secara resmi pada perusahaan pelayaran. ”Kami juga menyosiali­sasikan berlakunya tes rapid antigen,” tambah Suryo. Menurut dia, saat ini memang ada perubahan aturan di pelabuhan. Seluruh penumpang kapal wajib melakukan rapid test antigen sebelum bepergian. Sebelumnya, penumpang diperboleh­kan memakai rapid test antibodi.

Kini tes antibodi tak berlaku lagi. Rapid test antigen menjadi syarat wajib. Hal itu sesuai dengan edaran dari satuan gugus tugas. Lantas, bagaimana dengan layanan tes di pelabuhan? Menurut dia, layanan rapid test di pelabuhan bergantung banyak pihak. Tempatnya sudah siap. Namun, diperlukan pelaksana dari rumah sakit atau perusahaan di bidang kesehatan terkait dengan sarana dan petugas kesehatan. ”Untuk sementara, kami masih berkoordin­asi dengan RS PHC untuk membuka layanan rapid test,” jelas Suryo.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TIDAK BERUBAH: Pelabuhan Tanjung Perak masih beroperasi seperti biasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TIDAK BERUBAH: Pelabuhan Tanjung Perak masih beroperasi seperti biasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia