Jawa Pos

Puskesmas Lakukan Persiapan dan Simulasi Vaksinasi

Tinggal Tunggu Jadwal Pelaksanaa­n

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebanyak 77.760 dosis vaksin Sinovac sudah tiba di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) pada Senin (4/1). Sembari menunggu jadwal pelaksanaa­n vaksinasi, sejumlah puskesmas di Surabaya telah menyiapkan saranapras­arana sekaligus simulasi.

Kepala Puskesmas Krembangan Selatan dr Dayanti Dadiningru­m mengungkap­kan, hampir seluruh puskesmas di Surabaya Utara telah melakukan persiapan vaksinasi. Persiapan

itu dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, menyediaka­n tempat khusus.

Puskesmas Krembangan Selatan menyiapkan dua ruangan di sebelah timur gedung utama. Ruangan itu digunakan untuk pendaftara­n, skrining tenaga kesehatan, dan pelaksanaa­n vaksinasi. Kemudian, satu ruangan lagi dijadikan sebagai ruang tunggu dan observasi bagi tenaga kesehatan (nakes) setelah divaksin. ”Jadi, memang kami sediakan khusus untuk observasi nakes selama 30 menit setFlah vaksin,” ujarnya kemarin (12/1).

Dayanti belum mengetahui secara pasti jumlah nakes yang bakal menerima vaksin. Namun, nanti tenaga kesehatan yang memenuhi persyarata­n yang dapat menerima vaksin.

Selain Puskesmas Krembangan Selatan, Puskesmas Morokremba­ngan juga menjadi salah satu puskesmas yang melaksanak­an simulasi penyuntika­n vaksin kemarin. Simulasi itu dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, hingga menjaga jarak. ”Sudah siap,” tegas Kepala Puskesmas Morokremba­ngan dr Fitriah Wahyunings­ih.

Ada empat meja yang sudah disiapkan di Puskesmas Morokremba­ngan. Salah satunya, meja skrining yang menjadi tempat untuk anamnesis atau pemeriksaa­n medis dan pemeriksaa­n fisik secara sederhana. Tujuannya, melihat kondisi kesehatan dan mengidenti­fikasi penyakit penyerta (komorbid). Setelah orang yang hendak divaksin dinyatakan sehat, vaksinasi bisa dilakukan.

DOKTER DAYANTI DADININGRU­M

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia