Jawa Pos

Masa Sewa Habis, Beri Surat Teguran

Pemkot Prioritask­an Warga Surabaya Huni Flat Warugunung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot segera memberikan surat teguran bertahap kepada penghuni Flat Warugunung dari luar Surabaya. Khususnya bagi penghuni yang masa perjanjian sewanya telah habis. Flat yang kosong bakal dipriorita­skan untuk warga Surabaya yang membutuhka­n hunian vertikal sewa murah itu.

Kabid Pemanfaata­n Bangunan Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya Taufik Siswanto mengatakan, sosialisas­i ke warga luar kota yang perjanjian sewanya sudah habis dilakukan tahun lalu. Namun, pemberitah­uan langsung memang belum dilakukan.

”Rencananya, tahun ini kami tempel di setiap unit mengenai habisnya masa perjanjian sewa,” terangnya kemarin (12/1). Warga yang perjanjian sewanya habis akan mendapatka­n surat teguran. Hal itu berlaku bagi penyewa KK Surabaya maupun warga luar kota.

Bedanya, warga luar kota memang tidak diperboleh­kan memperpanj­ang perjanjian sewa. Sementara itu, warga KK Surabaya boleh memperpanj­angnya. Ketentuan tersebut mengacu pada perda pemakaian rumah susun. Yang berhak tinggal di flat yang dikelola pemkot adalah warga Surabaya.

Taufik menambahka­n, persoalan itu bukan perihal mengabaika­n warga luar Surabaya. Melainkan soal prioritas kebutuhan rumah sewa bagi warga Surabaya. Sebab, jumlah flat saat ini masih sangat kurang jika dibandingk­an dengan permintaan.

Saat ini jumlah warga yang antre ingin tinggal di flat mencapai 10 ribu orang. Antrean itu tercatat sejak 2012. Artinya, sejak sembilan tahun lalu, masih ada warga yang belum mendapat sewa unit flat. Panjangnya daftar antrean tersebut disebabkan tingginya permintaan. Sementara itu, jumlah flat baru setiap tahun terbatas. ”Setiap hari, paling tidak ada sepuluh warga yang mengajukan sewa rumah susun,” jelasnya. Itu berarti, jika dihitung lima hari saja, sudah ada 50 antrean.

Jumlah unit baru yang tersedia setiap tahun hanya 300 hunian. Jumlah tersebut tentu sangat timpang. Tahun lalu pemkot membangun dua unit flat. Rencananya, tahun ini ditambah dua lagi.

Unit Flat Warugunung akan langsung diisi pemohon. Mereka yang sudah terdata akan dipanggil. Mereka langsung bisa menempati hunian yang berlokasi di ujung barat Surabaya itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia