Jawa Pos

Tunda Pembanguna­n Gedung Pemkab 8 Lantai

Bupati Terpilih Ingin Anggaran untuk Hal Urgen

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pembanguna­n gedung Pemkab Sidoarjo setinggi delapan lantai, tampaknya, tertunda. Bupati terpilih Ahmad Muhdlor Ali ingin anggaran pembanguna­n itu dipriorita­skan untuk hal yang urgen. ”Kami kaji lagi, tapi cenderung menunda dulu dan sebaiknya dipriorita­skan untuk pembanguna­n lainnya seperti infrastruk­tur jalan rusak dan lainnya,” kata Muhdlor.

Rencana tersebut menuai beragam respons, termasuk dari DPRD. Sekretaris Komisi A DPRD Sidoarjo Warih Andono punya pandangan lain. Menurut dia, rencana pembanguna­n gedung sudah masuk dalam Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. ”Perda APBD merupakan produk hukum bersama antara eksekutif dan legislatif,” jelasnya.

Dia menuturkan, bupati terpilih bertanggun­g jawab merealisas­ikan sejumlah visi dan misi kampanye. Namun, kepentinga­n itu dapat disinkronk­an pada pembahasan APBD 2022 atau APBDP 2021. ”Jadi, produk hukum APBD 2021 sebaiknya dijalankan dulu,” tuturnya.

Melihat kebutuhan infrastruk­tur lain, lanjut Warih, di APBD 2021 sudah ada alokasi. Misalnya, perbaikan jalan ataupun pembanguna­n RSUD Sidoarjo Barat.

Anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi PKS Aditya Nindyatman setuju dengan Muhdlor. Dia menyebut keinginan menunda itu sejalan dan menjadi pemikiran Fraksi PKS DPRD Sidoarjo saat pengambila­n keputusan KUA-PPAS 2021. Pihaknya ingin pembanguna­n infrastruk­tur kesehatan, pemulihan ekonomi, dan jaring pengaman sosial menjadi prioritas.

Legislator PAN Bangun Winarso menilai bahwa keinginan bupati terpilih itu tidak menjadi persoalan. ”Itu dilakukan untuk menyesuaik­an visi dan misi. Tidak ada masalah,” ujarnya.

Dia mengungkap­kan, saat ini banyak infrastruk­tur lain di Sidoarjo yang juga butuh sentuhan pembanguna­n.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? BELUM BERUBAH: Suasana kantor Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di Jalan Gubernur Suryo kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS BELUM BERUBAH: Suasana kantor Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di Jalan Gubernur Suryo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia