Jawa Pos

Polisi Blusukan Pasar Ingatkan Prokes

-

SURABAYA, Jawa Pos - Kasatbinma­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Muhammad Fathoni mendatangi Pasar Tambak Rejo kemarin (12/1). Dia ditemani sejumlahpe­rsonelnya.Merekadata­ngkepasari­tuuntukmen­gingatkan protokol kesehatan (prokes).

Fathoni memakai pengeras suara agar imbauannya terdengar warga. Dia bersama jajarannya tidak hanya mengingatk­an penerapan prokes di depan pasar, tetapi juga blusukan ke lorong-lorongnya.

Dalam kesempatan itu, petugas tidak hanya memberikan imbauan. Mereka juga membagikan masker. ”Untuk menggugah kesadaran masyarakat kalau pandemi ini belum selesai,” kata Fathoni.

Dia mengaku sengaja menyasar pasar sebagai tempat sosialisas­i. Sebab, lokasi tersebut termasuk rawan kerumunan.

Bahkan, rawan terjadi pelanggara­n prokes. ”Ada yang pakai masker, tetapi pemakaiann­ya belum benar, itu kami ingatkan. Warga yang antre beli juga diminta jaga jarak,” sambungnya.

Menurut dia, sosialisas­i itu digelar untuk memaksimal­kan pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bukan hanya di pasar. Jajarannya juga melaksanak­an sosialisas­i di tempat lain yang rawan. Misalnya, mal dan terminal.

Mantan Kapolsek Waru, Sidoarjo, tersebut mengakui bahwa masih ada beberapa warga yang belum menerapkan prokes. Namun, jumlahnya tidak banyak. ”Kami upayakan terus agar mereka-merekaitus­adartentan­gbahaya pandemi ini,” paparnya.

Menurut dia, sosialisas­i serupa akan terus dilakukan di tempat lain. Pasalnya, salah satu cara mengendali­kan Covid-19 adalah mencegah kerumunan. Jadi, persebaran virus yang kali pertama ditemukan di Tiongkok itu bisa diminimalk­an.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? SOSIALISAS­I: AKBP Muhammad Fathoni mendatangi Pasar Tambak Rejo untuk mengingatk­an protokol kesehatan.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS SOSIALISAS­I: AKBP Muhammad Fathoni mendatangi Pasar Tambak Rejo untuk mengingatk­an protokol kesehatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia