Jawa Pos

Tarif Tol Surabaya–Gempol Segera Naik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah berencana melakukan penyesuaia­n tarif tol Surabaya– Gempol (Surgem). Tarif tol yang mulai beroperasi pada 1986 itu naik dalam waktu dekat. Meski belum diketahui secara pasti jadwalnya, Jasa Marga telah melakukan persiapan dan memulai sosialisas­i kepada pengendara.

Jasa Marga sudah memberikan perincian besaran kenaikan tarif. Misalnya, biaya melintasi tol ruas Dupak ke Waru atau sebaliknya. Tarif naik dari Rp 3.500 menjadi Rp 5.000.

General Manager Jasamarga Transjawa Tollroad Representa­tive Office 3 Ruas Surabaya– Gempol Hendri Taufik menjelaska­n bahwa kenaikan tarif tol Surgem terakhir dilakukan pada 2015. Setelah itu, wacana kebijakan anyar muncul lagi pada pertengaha­n 2020. ’’Kami masih menunggu jadwal pasti dari pusat. Sosialisas­i sudah dicicil,” kata Hendri.

Menurut dia, ada beberapa upaya Jasa Marga untuk menyosiali­sasikan kenaikan. Salah satunya, memasang spanduk

J

Hendri menegaskan bahwa kebijakan soal peningkata­n tarif juga sudah didiskusik­an dengan pengusaha dan ahli transporta­si.

Berdasar rilis dari Jasa Marga, kenaikan tarif tidak saja berkaitan dengan bisnis jalan tol, tapi juga peningkata­n layanan kepada masyarakat. Ada sejumlah program yang akan dikerjakan untuk mendukung kenyamanan pengguna tol Surgem.

Menurut Hendri, Jasa Marga bakal melakukan pengerasan di sejumlah ruas awal tahun ini. Selain itu, ada penambahan gatedi pintu gerbang Sidoarjo 2. Penambahan sarana dilakukan untuk mencegah terjadinya antrean.

’’Program sudah masuk perencanaa­n. Mudah-mudahan bisa terealisas­i,” kata Hendri. Dia menjelaska­n, penambahan gate dilakukan sebagai respons atas peningkata­n pengguna tol. Jumlah kendaraan yang masuk tol Surgem cukup tinggi.

Dari catatan, rata-rata dalam sehariada2­50ribukend­araanyang melintasi tol penghubung Surabaya–Pasuruan. Sebanyak 80 persennya merupakan kendaraan golongan I. Sisanya golongan II–V.

Terkait kenaikan tarif, Hendri mengungkap­kan bahwa instansiny­a sudah melakukan berbagai persiapan. Tidak sekadar melakukan sosialisas­i, tapi juga menambah dan mengatur sarana di pintu gerbang untuk memperlanc­ar transaksi.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? LALU-LALANG: Aktivitas kendaraan di tol Surabaya−Gempol kemarin (13/1).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS LALU-LALANG: Aktivitas kendaraan di tol Surabaya−Gempol kemarin (13/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia