Jawa Pos

Pelanggar Didominasi Pengendara Roda Empat

-

SURABAYA, Jawa Pos − Di dalam truk Satpol PP Kota Surabaya, Arman sibuk menghubung­i keluargany­a. Warga Tanah Merah, Kenjeran, itu meminta sang anak datang ke Jalan Tanjungsar­i, Asemrowo, dengan membawa kartu identitasn­ya agar dirinya bebas dari cengkerama­n petugas satpol PP.

Akibat tidak menggunaka­n masker, pria berusia 49 tahun itu terjaring petugas dalam operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) di Jalan Tanjungsar­i kemarin (13/1). Karena tidak membawa identitas, Arman juga dimasukkan ke truk dan digiring ke Mako Satpol PP Surabaya. ”Bukan nggak bawa masker, tapi memang lupa memakainya,” ucap Arman.

Selain Arman, sanksi tegas dirasakan Andi, 36. Secara tiba-tiba, mobilnya dihentikan petugas. Dia sempat bingung mengapa mobilnya hentikan. Padahal, dia memakai masker. Hanya, masker itu tidak digunakan dengan benar. Masker menutupi dagunya. Akibatnya, dia didenda dan diuji usap di tempat.

Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan mengatakan, meski sosialisas­i pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah dilakukan, pelanggara­n prokes tetap terjadi. Dalam waktu 90 menit, 48 pelanggar terjaring. Pelanggar didominasi pengendara roda empat dan pejalan kaki.

Merasa aman karena berada di area tertutup membuat para pengendara mobil tidak menggunaka­n masker. Padahal, mereka tidak sendiri, tetapi bersama orang lain. Karena itu, prokes harus diterapkan. ”Kalau pejalan kaki, biasanya warga setempat. Biasanya, mereka keluar rumah ingin ke warung. Tetap saja, walaupun jaraknya dekat, harus pakai masker karena berada di luar rumah,” ujarnya.

Operasi prokes tidak hanya digelar di jalan protokol dan warung giras. Pasar tradisiona­l, permukiman penduduk, dan area pergudanga­n tak luput dari perhatian petugas.

 ?? SEPTIAN NURHADI/JAWA POS ?? MERASA AMAN: Banyak pengendara mobil yang tak memakai masker karena merasa berada di ruang tertutup.
SEPTIAN NURHADI/JAWA POS MERASA AMAN: Banyak pengendara mobil yang tak memakai masker karena merasa berada di ruang tertutup.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia