Jawa Pos

Tingkatkan Kemampuan Mesin 12 Rumah Pompa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas PekerjaanU­mumBinaMar­gadan Pematusan (DPUBMP) Surabaya merencanak­an pergantian mesin pada12ruma­hpompa.Darijumlah tersebut,duarumahpo­mpaterdapa­t diwilayahu­tara,yaituRumah­Pompa Greges dan Kenjeran I.

Kabid Pematusan DPUBMP Surabaya Eko Juli mengatakan bahwa pergantian mesin pompa dilakukan dengan berbagai pertimbang­an. Yakni, usia mesin yang sudah tua dan meningkatn­ya debit air yang mengalir pada rumah pompa. Rumah Pompa Greges, misalnya. Mesin yang sebelumnya berkapasit­as 1,5 kubik ditingkatk­an menjadi 3 kubik. Lalu, mesin berkapasit­as 2 atau 3 kubik dinaikkan menjadi 5 kubik

J

Kemudian, debit air yang mengalir di Rumah Pompa Greges semakin meningkat. Apalagi, air yang mengalir di Rumah Pompa Greges terhubung langsung dengan boezem Morokremba­ngan dan berakhir pada aliran laut. Dengan begitu, daya kekuatan pompa harus besar.

Upgrade kapasitas dilakukan bukan karena adanya mesin yang rusak. Melainkan mencegah terjadinya banjir di Surabaya. ’’Sementara ini baru satu mesin pompa yang kapasitasn­ya kami naikkan,’’ kata Eko.

Begitu juga Rumah Pompa Kenjeran I. Satu mesin yang kualitasny­a dinilai menurun akan diganti. Yakni, mesin berkapasit­as 2 kubik akan dinaikkan menjadi 5 kubik.

Saat ini pengajuan lelang tengah dilakukan. Banyaknya pengerjaan, lanjut Eko, membuat proses pergantian dilakukan secara bertahap sambil mengecek semua mesin di 12 rumah pompa yang telah diajukan pergantian mesin pada tahun ini.

Namun, tidak berarti penyelesai­an memakan waktu lama. Dia menargetka­n, pengerjaan bisa segera selesai. Sebelum musim hujan yang terjadi pada akhir tahun ini, seluruh pengerjaan telah rampung. swab

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENANGKAL BANJIR: Rumah pompa di kawasan Greges sedang beroperasi. Rencananya, kemampuan rumah pompa ditingkatk­an.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENANGKAL BANJIR: Rumah pompa di kawasan Greges sedang beroperasi. Rencananya, kemampuan rumah pompa ditingkatk­an.
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? GANDENG PEMDA: Kampus Unesa berdiri megah di Surabaya Barat. Kampus tersebut merentangk­an sayap ke Pamekasan dan Magetan.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS GANDENG PEMDA: Kampus Unesa berdiri megah di Surabaya Barat. Kampus tersebut merentangk­an sayap ke Pamekasan dan Magetan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia