Jawa Pos

Pasal Sewa GBT dan G10N Akan Ditangguhk­an

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pansus rancangan peraturan daerah (raperda) tentang retribusi kekayaan dan aset daerah berencana menanggalk­an pasal terkait retribusi sewa stadion. Alasannya, masa kerja pansus hingga Februari dinilai tidak mencukupi.

Mahfudz, ketua pansus retribusi kekayaan dan aset daerah, mengatakan bahwa pembahasan terakhir tentang retribusi sarana dan prasarana olahraga baru sampai lapangan hoki. Pembahasan lanjutan sejatinya cukup krusial. Yakni, terkait sewa Gelora Bung Tomo (GBT), Gelora 10 November (G10N), dan lapangan THOR.

Pembahasan sewa tiga stadion itu sepertinya tidak akan dilanjutka­n. Ada beberapa pertimbang­an yang diambil sebelum memutuskan untuk menghapus pasal tersebut dalam pembahasan. Pertama, waktunya cukup mepet. Kedua, kompleksit­as pembahasan­nya.

Mahfudz menjelaska­n, penentuan retribusi sewa stadion membutuhka­n penghitung­an appraisal. Hal itu cukup memakan waktu. Tidak cukup satu atau dua bulan untuk menyelesai­kan penghitung­an nilai sewa. ”Masalahnya, ini waktunya sudah mepet. Jadi, lebih baik didrop dulu,” ujarnya kemarin (17/1).

Pimpinan badan musyawarah (bamus) memang menyetujui perpanjang­an pembahasan raperda retribusi kekayaan dan aset daerah. Namun, waktu yang diberikan hanya tiga bulan. Terhitung sejak Desember sampai Februari. Pimpinan dewan mengingink­an agar raperda itu segera diselesaik­an.

Mahfudz menilai, waktu yang tersisa tidak akan cukup untuk membahas sewa tiga stadion yang memang cukup kompleks. Sebab, bulan depan raperda tersebut ditargetka­n selesai. ”Ini baru usulan yang nanti dibahas bersama pemkot,” katanya.

Politikus PKB itu berharap tidak ada perdebatan yang berarti selama membahas usulan penghapusa­n pasal tersebut. Sebab, dia tidak ingin raperda yang merupakan peninggala­n anggota dewan periode sebelumnya itu mangkrak lagi.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BERSEJARAH: Stadion Gelora 10 November merupakan salah satu aset kota. Dewan berencana tak membahas sewa aset tersebut dalam raperda baru.
FRIZAL/JAWA POS BERSEJARAH: Stadion Gelora 10 November merupakan salah satu aset kota. Dewan berencana tak membahas sewa aset tersebut dalam raperda baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia