Jawa Pos

Air ke Ribuan Pelanggan Mampet, Dirut Tidak Tahu

-

GRESIK, Jawa Pos – Kualitas dan kuantitas pasokan air PDAM Giri Tirta sejauh ini masih menyisakan masalah klasik. Di beberapa wilayah distribusi, air masih kerap mampet. Yang mengherank­an, masalah itu hampir terjadi setiap kali akhir pekan (weekend). Namun, ada pula yang mampet berhari-hari.

Di kompleks Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Manyar, misalnya, ribuan pelanggann­ya kerap menumpahka­n kekesalan dampak air mampet tersebut di media sosial. ’’Semestinya yang katanya ada tambahan air dari SPAM Umbulan itu semakin lancar. Tapi, ternyata tidak. Hampir setiap Sabtu dan Minggu mampet,’’ ujar sejumlah warga.

Karena pasokan kerap tidak beres, tidak sedikit warga yang dirugikan karena harus membeli air tangki maupun galon. Bahkan, beberapa warga membuat sumur. ’’Kami tidak tahu-menahu apa penyebabny­a. Yang sering disampaika­n kan pipa bocor. Tapi, dari zaman dulu kok begitu?’’ ujar Subarno, warga Jalan Mutiara PPS.

Dirut PDAM Giri Tirta Siti Aminatus Zariyah ketika dikonfirma­si Jawa Pos menyebutka­n, belakangan ini tidak terjadi masalah dalam distribusi air. Dia mengklaim normal-normal saja. ’’Tidak ada kebocoran, distribusi juga normal,” katanya kemarin (17/1).

Dia pun berjanji melakukan kroscek. Baik ke karyawanny­a maupun ke pompa. Risa –panggilan akrab Siti Aminatus Zariyah– mengungkap­kan, apabila benar terjadi masalah distribusi ke pelanggan, mungkin ada penguranga­n bukaan pompa. Dengan begitu, debit air yang mengalir ke pelanggan lebih sedikit daripada biasanya. ’’Saya cek dulu,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia