Jawa Pos

Nakes Puskesmas Mulai Divaksin

Khusus untuk Mereka yang Sudah Terdaftar dan Terverifik­asi

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) di Sidoarjo telah berjalan. Pekan ini ratusan nakes yang telah terdaftar dan terverifik­asi bakal divaksin.

Hingga kemarin (17/1), persiapan vaksinasi nakes di berbagai titik terus dilakukan. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah jumlah vaksin yang diberikan di 52 titik vaksinasi.

Dinas kesehatan (dinkes) akan memberikan vaksin di setiap tempat sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya, tidak terjadi penimbunan atau kelebihan vaksin yang menjadi peluang penyalahgu­naan.

”Jumlah vaksin hari itu sesuai dengan total nakes yang terverifik­asi untuk vaksinasi hari itu juga,” kata Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarm­an.

Misalnya, di salah satu puskesmas, hari ini 10 orang telah terverifik­asi untuk divaksin. Jadi, vaksin yang diberikan sejumlah kebutuhan 10 orang tersebut. Dalam satu titik, kata

Syaf, vaksinasi dilakukan minimal untuk sepuluh nakes. Makin banyak nakes yang terverifik­asi, makin banyak pula jumlah vaksin yang diberikan agar semua nakes yang telah terdaftar bisa mendapat vaksin sesuai dengan ketentuan.

Syaf menyatakan, vaksinasi nakes paling awal dimulai pada Sabtu (16/1). Namun, jumlahnya tidak banyak. Hanya ada dua tempat vaksinasi. Salah satunya di RSUD Sidoarjo. ”Vaksinasi di titik lainnya dimulai pekan ini,” jelas Syaf.

Vaksinasi dengan jumlah nakes terbanyak dilakukan besok. Hari ini, rencananya, puskesmas dan titik lain mulai mengambil vaksin untuk vaksinasi minggu ini. Salah satu puskesmas yang melakukan vaksinasi pekan ini adalah Puskesmas Gedangan. Rencananya, penyuntika­n vaksin berlangsun­g besok. ”Besok (hari ini, Red) pengambila­n vaksin,” ungkap Kepala Puskesmas Gedangan Noer Amalis S.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? LOKASI: Suasana Puskesmas Gedangan yang akan mengadakan vaksinasi bagi tenaga kesehatann­ya hari ini.
ANGGER BONDAN/JAWA POS LOKASI: Suasana Puskesmas Gedangan yang akan mengadakan vaksinasi bagi tenaga kesehatann­ya hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia