Jawa Pos

Musim Penghujan, Kasus Demam Berdarah Meningkat

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Musim hujan warga harus ekstrawasp­ada dan memperhati­kan kebersihan lingkungan. Saat musim hujan, biasanya kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat. Hingga kemarin (17/1), ada warga yang terjangkit DBD. Sebagian di antara mereka menjalani perawatan di rumah sakit. Banyak pasien yang berusia anak-anak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendali­an Penyakit Dinkes Sidoarjo M. Atho’illah menyebutka­n, selama 2020, ada 148 kasus DBD. Pada periode Januari hingga Oktober 2020, terdapat 133 kasus. Pada November tahun lalu, ada tiga kasus. Pada Desember 2020, ditemukan 12 kasus DBD. Sebagian besar warga berhasil sembuh. Ada dua orang yang tidak terselamat­kan dan meninggal. ”Kasus meninggal di Medaeng dan Krembung,” jelasnya.

Atho’illah mengimbau warga untuk memantau jentik. Dia juga meminta masyarakat rajin menggosok bak penampunga­n air, termasuk memantau jentik dengan senter. Tujuannya, mengetahui ada tidaknya jentik nyamuk Aedes aegypti dalam air. Upaya itu dilakukan agar jentik tidak berkembang biak menjadi nyamuk dewasa.

Bahkan, ajakan untuk tidak menggantun­g banyak baju bekas pakai digencarka­n. ”Nyamuk Aedes senang dengan bau badan,” ungkapnya. Misalnya, saat baju yang tergantung diangkat, banyak nyamuk yang beterbanga­n. Tidak hanya memberikan imbauan, dinkes juga tetap aktif memantau jentik. ”Gerakan satu rumah satu juru pemantau jentik (1R1J) tetap berjalan,” terangnya.

Selain bak mandi, tempat penampunga­n air lain juga patut diperiksa. Mulai kolam tanpa ikan, air yang menggenang di barang bekas, hingga tempat air untuk memasak. Tujuannya, jentik terus terpantau dan tidak berkembang biak.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? HARUS RUTIN: Adzkia Vianna, salah seorang warga, memeriksa kondisi bak kamar mandi untuk memastikan ada tidaknya jentik nyamuk kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS HARUS RUTIN: Adzkia Vianna, salah seorang warga, memeriksa kondisi bak kamar mandi untuk memastikan ada tidaknya jentik nyamuk kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia