Jawa Pos

Pencinta Hewan Eksotis Meningkat sejak Pandemi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejumlah akuarium kaca berbentuk kubus dengan beragam ukuran tampak di atrium selatan lantai G Royal Plaza kemarin (17/1). Di dalamnya tidak berisi ikan, melainkan sekumpulan hewan peliharaan eksotis. Misalnya, iguana, kurakura, dan gecko. Hewanhewan itu dipamerkan untuk menggaet hati pencinta satwa.

Salah satu hewan yang paling banyak dilirik pengunjung adalah iguana. Reptil itu dipamerkan dengan berbagai jenis, warna, dan ukuran. Contohnya, iguana hijau, biru, merah, sampai albino. Pencinta reptil Sendika mengaku bahwa hewan tersebut menjadi primadona saat pandemi. Sebab, banyak yang memilih untuk memelihara.

”Alasannya beragam. Salah satunya karena fisik yang menarik dan perawatann­ya yang cenderung mudah,” ujar pemilik Iguanasia itu. Menurut dia, Iguana hanya butuh diberi makan sayuran dan minum secara rutin. Hewan tersebut juga nyaman di tempat yang hangat dengan kelembapan cukup.

Dia menambahka­n, sebagian orang memilih pelihara iguana yang berusia muda. Yakni, usia dua hingga tiga bulan dengan ukuran tubuh berkisar 15 sentimeter. Sebab, ada kepuasan sendiri jika bisa pelihara iguana sampai bisa berkembang biak. ”Ukurannya bisa sampai 1 meter dan warna kulitnya semakin bagus,” ujarnya. Selain iguana, kura-kura menjadi yang paling banyak diminati. Baik kura-kura darat maupun kura-kura air. Ukuran kura-kura yang kecil terlihat lebih populer di kalangan pencinta satwa. ”Karena masih bisa ditaruh akurium, jadi lebih menarik saat dilihat,” kata salah seorang pengunjung Febri Utomo.

Dia telah memiliki kura-kura di rumahnya. Namun, dia ingin menambah koleksinya. Sejak pandemi, Febri memang sengaja memelihara hewan untuk menemaniny­a beraktivit­as di rumah.(nas/c13/tia)

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? IMUT: Salsabila Aisyah melihat bayi iguana di pameran Floral and Fish Festival di Royal Plaza Surabaya Minggu (17/1).
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS IMUT: Salsabila Aisyah melihat bayi iguana di pameran Floral and Fish Festival di Royal Plaza Surabaya Minggu (17/1).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia