Jawa Pos

Ingin Wujudkan Society 5.0

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Dare to be different. Jangan biarkan siapa pun menghentik­an mimpi dan tujuanmu,” tutur William Gosal saat dihubungi kemarin (17/1). Dia adalah seorang pengusaha muda asal Surabaya. William juga kerap menginspir­asi generasi Z lewat prestasi dan capaian yang diraihnya. Terlebih, dia memulai usaha sejak usianya masih menginjak 21 tahun.

Sejak masih duduk di bangku sekolah, dia berkeingin­an memudahkan aktivitas manusia dengan teknologi. Terlebih, William memiliki hobi mengutak-atik teknologi baru. Dia pun merasakan keresahan saat menggunaka­n gadget dalam rumahnya.

Sebelumnya, William terbiasa memakai aplikasi untuk mengoperas­ikan perangkat di rumahnya. Namun, semua itu tidak terintegra­si dengan baik. Misalnya, perangkat AC, TV, lampu, dan pagar yang dikontrol dengan aplikasi yang berbeda-beda. ”Karena itu, saya berinisiat­if menciptaka­n sebuah aplikasi yang dapat mengontrol semuanya menjadi satu,” ujar CEO dan founder PT Handyman Smarttech Indonesia tersebut.

Berbagai tantangan dan hambatan dihadapi William demi mewujudkan keinginan tersebut. Misalnya, terkait dengan pencarian investor sampai aspek perizinan dan legalitasn­ya. Namun,

dia tidak mudah menyerah. Sebab, William memiliki impian jangka panjang untuk membawa masyarakat ke society 5.0. Yakni, masyarakat yang terintegra­si dengan teknologi di segala aspek kehidupan.

Usia yang belum genap 21 tahun tidak menyurutka­n semangatny­a saat itu. dari dibantu tiga orang saja, kini sudah ada 17 rekan. Pada 2020, dia telah bekerja sama dengan sejumlah entreprene­ur dan perusahaan. Prestasiny­a itu juga menginspir­asi kalangan generasi Z. Sebab, William telah membuktika­n bahwa usia muda adalah waktu yang tepat untuk berkarya dan berinovasi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia