Jawa Pos

Dapat 3.420 Vial Vaksin, Vaksinasi Tahap Kedua Dimulai

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Vaksin untuk tahap kedua akhirnya tiba di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo kemarin malam (22/2). Jatah yang diperoleh kali pertama mencapai 3.420 vial. Vaksin tersebut diperuntuk­kan warga yang sudah terdaftar sebagai penerima. Mulai petugas pelayanan publik, TNI, Polri, guru, hingga nakes yang belum mendapatka­n suntikan vaksin dosis kedua.

Kabar pengiriman vaksin tahap kedua ke Sidoarjo beredar sejak dua pekan lalu. Hingga petang, vaksin yang dikabarkan bakal didistribu­sikan itu belum tiba di kantor dinkes. Sejak lama, dinkes menyiapkan tempat penyimpana­n vaksin. Tempat tersebut masih berada di area yang sama untuk menyimpan vaksin tahap pertama. Di ruang vaksin dinkes, sudah ada lemari pendingin khusus untuk menyimpan vaksin.

Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarm­an menyatakan, jenis vaksin tahap kedua yang terkirim masih sama dengan tahap pertama. Vaksin itu diproduksi Sinovac, tetapi kemasannya berbeda. ”Vaksin tahap pertama dulu, satu botol berisi dosis untuk satu kali penyuntika­n. Kalau vaksin untuk tahap kedua ini, kabarnya satu botol untuk memvaksin delapan orang,” ungkap Syaf.

Dosis dalam botol sekarang lebih banyak daripada yang pertama. Dengan begitu, jika satu botol vaksin dibuka, dipastikan jumlah penerimany­a banyak. Setidaknya ada delapan orang yang memperoleh penyuntika­n vaksin. Dengan begitu, vaksin tidak akan terbuang sia-sia jika ada sisa. Berbeda halnya dengan vaksin personal yang satu botol diperuntuk­kan satu orang.

Syaf mengakui, semula belum ada kepastian terkait dengan pengiriman vaksin. Awalnya, dikabarkan pengiriman dilakukan setelah 17 Februari saat vaksin sudah diterima di provinsi. Namun, kabar tersebut tidak terwujud. Hingga akhirnya, rencananya vaksin tiba pada Minggu (21/2). Tetapi, rencana itu juga tidak terealisas­i.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SIAPKAN TEMPAT: Para staf Dinkes Sidoarjo ketika menyiapkan cool box untuk menyimpan vaksin gelombang kedua di ruang khusus kantor dinkes.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SIAPKAN TEMPAT: Para staf Dinkes Sidoarjo ketika menyiapkan cool box untuk menyimpan vaksin gelombang kedua di ruang khusus kantor dinkes.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia