Jawa Pos

Pusat Kota Jogja–YIA Hanya 39 Menit

Kereta Bandara Ditargetka­n Beroperasi Agustus

- SHINTA WIDJAJA KAMDANI Wakil Ketua Umum Apindo

JAKARTA, Jawa Pos – Infrastruk­tur pendukung Yogyakarta Internatio­nal Airport (YIA) berupa angkutan kereta bandara ditargetka­n rampung pada Agustus mendatang. Kereta tersebut dapat memangkas waktu perjalanan dari pusat kota Jogjakarta. Saat ini dilakukan pengerjaan berupa jalur rel melayang J

Per April 2021, progres pembanguna­n elevated rail sepanjang 5,4 kilometer telah mencapai 85,59 persen.

Angkutan kereta bandara bakal melayani rute dari Stasiun Kedundang menuju YIA di Kulon Progo, Jogjakarta. Titik berangkat layanan kereta bandara akan dibangun di Stasiun Kedundang di Desa Kulur, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Keberadaan stasiun itu diharapkan meningkatk­an ekonomi masyarakat sekitar.

Kepala Seksi Prasarana Perkeretaa­pian Balai Teknik Perkeretaa­pian Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaa­pian Kemenhub Hari Susanto mengungkap­kan,

Stasiun Kedundang hanya akan menjadi stasiun operasi. Tidak melayani penumpang. ”Kalau ada penumpang yang ingin naik kereta bandara, bisa berpindah kereta di Stasiun Wates,” jelasnya kemarin (4/4).

Kereta bandara itu nanti terhubung dengan jalur existing yang menuju jalur lintas selatan utama. Rencananya, uji coba kereta dilakukan pada Juli dan diproyeksi­kan dapat beroperasi sebulan kemudian.

Kereta bandara bakal mampu mengefisie­nsikan waktu tempuh perjalanan dari pusat kota Jogjakarta menuju YIA ataupun sebaliknya. Bila menggunaka­n kendaraan, perjalanan via darat membutuhka­n waktu sekitar 1,5 jam. Dengan kereta bandara, waktu tempuh dapat dipangkas menjadi 39 menit dalam satu kali perjalanan. Waktu tunggu antar kedatangan kereta adalah 30 menit. Kereta itu ditargetka­n mampu mengangkut 3.800 penumpang setiap hari.

Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Jogjakarta Asdo Artriviyan­to menuturkan, saat ini pihaknya menyiapkan pengoperas­ian untuk 20 perjalanan per hari. Itu menyesuaik­an jumlah penerbanga­n di YIA. ”Mengacu pada pengalaman kereta Bandara Adi Soemarmo Solo yang memiliki 34 perjalanan per hari, tapi hanya diisi 50 penumpang, kami akan terus melakukan kolaborasi untuk meningkatk­an minat pariwisata,” ungkapnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia