Jawa Pos

Laksanakan TMMD di Lima Wilayah

-

SURABAYA, Jawa Pos - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 kembali dilaksanak­an Kodam V/Brawijaya. Kegiatan itu dilakukan lima kodim jajaran.

Kegiatan berupa Operasi Bakti TNI dilaksanak­an secara terpadu dan lintas sektoral bersama forpimda serta komponen masyarakat. Itu merupakan upaya untuk mendukung percepatan pembanguna­n di daerah. Sementara itu, Kodam V/Brawijaya berpartisi­pasi dalam TMMD yang difokuskan di Kabupaten Jember, Bondowoso, Pacitan, Sumenep, dan Bojonegoro.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi menyatakan, secara umum program TMMD yang disusun secara bottom-up planning bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatk­an akselerasi pembanguna­n di daerah. ”Sasarannya, meningkatk­an kesejahter­aan masyarakat, khususnya yang berada di daerah yang masih tertinggal, terpencil, dan wilayah perbatasan melalui pembanguna­n fisik dan nonfisik,” ujar Imam.

Selain itu, TMMD, ungkap Imam, merupakan perwujudan dari Operasi Bhakti TNI pada program Operasi Militer Selain

Perang (OMSP) untuk menggugah partisipas­i aktif masyarakat dalam membangun daerahnya. Yang terpenting adalah wahana memantapka­n kemanungga­lan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang, dan kondisi juang yang tangguh. Dengan mengusung tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, disampaika­n lebih lanjut oleh Kapendam bahwa TMMD kali ini merupakan TMMD yang pertama dilaksanak­an pada awal 2021. ”Pelaksanaa­nnya dilakukan secara terkoordin­asi dengan semua pihak sehingga terjalin sinergisit­as untuk mengoptima­lkan hasil TMMD yang tepat sasaran. Sehingga bisa mewujudkan desa TMMD sebagai percontoha­n desa yang berwawasan kebangsaan,” ucapnya.

 ?? PENDAM V BRAWIJAYA FOR JAWA POS ?? Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi.
PENDAM V BRAWIJAYA FOR JAWA POS Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia