Jawa Pos

Bikin Presiden Terkesan Sangar

-

REKAYASA judul berita masih menjadi modus yang kerap digunakan para produsen hoax. Contohnya, capture judul berita yang diunggah akun Facebook Mulyadi Herlambang pada 2 April lalu. Kalimat di dalam judul itu mengesanka­n bahwa Presiden Joko Widodo adalah sosok yang sangar.

”Munarman Sayangkan Teroris ditembak mati, Presiden Jokowi: Tidak Ada Tempat Bagi Teroris di Tanah Air! Ingat.. selama saya masih Presiden RI, saya habisi,” begitu bunyi capture judul berita yang diunggah akun Mulyadi Herlambang (bit.do/SayaHabisi).

Netizen yang pintar tentu tidak mudah percaya begitu saja. Sebab, Presiden Jokowi dikenal sebagai figur yang santun dalam bertutur kata. Kedua, tampilan capture judul berita itu tidak konsisten. Banyak salah ketik penggunaan spasi. Sebuah kesalahan yang tidak pernah dilakukan media kredibel.

Saat ditelusuri, capture tampilan berita itu memang sudah direkayasa. Versi aslinya ada di portal terkini.id. Judul beritanya berbunyi, Munarman Sayangkan Teroris Ditembak Mati, Presiden

Jokowi: Tidak Ada Tempat Bagi Teroris di Tanah Air!

Berita yang terbit pada 1 April 2021 itu memaparkan pandangan Munarman, mantan pentolan ormas Front Pembela Islam (FPI), tentang penembakan terduga teroris ZA yang sempat menyerang Mabes Polri (31/3). Menurut dia, polisi seharusnya dapat ’’melumpuhka­n’’ terduga teroris ZA tanpa harus melakukan tembak mati. Terlebih pelaku adalah seorang perempuan.

Di dalam berita itu tidak ada pernyataan dari Presiden Joko Widodo yang tertulis sebagaiman­a dalam capture berita dari posting-an akun Facebook Mulyadi Herlambang. Tidak ada kalimat berbunyi, ”Ingat.. selama saya masih Presiden RI, saya habisi.” Anda dapat membacanya di bit. do/JudulTanpa­Rekayasa.

Pernyataan resmi Presiden Joko Widodo dapat dilihat di situs setkab.go.id yang diunggah pada 1 April 2021. Presiden menyatakan telah memerintah­kan seluruh jajaran terkait untuk meningkatk­an kewaspadaa­n. Dia juga menegaskan bahwa tidak ada tempat bagi terorisme di Indonesia. ”Saya tegaskan sekali lagi, tidak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air,” ujarnya. Kalimat itulah yang dikutip portal terkini.id, kemudian direkayasa produsen hoax agar terkesan lebih sangar. Anda dapat membacanya di bit.do/ SumberKuti­pan.

 ?? ILUSTRASI BAGUS/JAWA POS ??
ILUSTRASI BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia