Jawa Pos

Aji Sudah Siapkan Rotasi

Samsul Arif Latihan Terpisah, Rivaldi-Arif Satria Sudah Fit

- ISMED SOFYAN

BANDUNG, Jawa Pos − Persebaya Surabaya sudah menggengga­m tiket perempat final. Hal itu membuat tim berjuluk Green Force tersebut lebih tenang kala menghadapi laga pemungkas kontra PS Sleman (7/4). Karena itu, pelatih Persebaya Aji Santoso akan menurunkan skuad yang berbeda.

’’Untuk laga lawan PSS, saya pastikan untuk melakukan banyak rotasi,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Pelatih 50 tahun itu akan memberikan kesempatan kepada pemain muda yang belum pernah tampil. Sebut saja Ernando Ari, Marselino Ferdinan, dan Dicky Kurniawan.

Aji memastikan pemain tersebut akan diberi kesempatan. Dia memang harus berani

mengambil risiko. ’’Kami akan beri kesempatan mereka untuk tampil. Biar mereka juga mengalami situasi yang nggak jauh beda dengan saat kompetisi,’’ ucap bapak lima anak itu. Meski bakal melakukan rotasi, Aji memastikan timnya tetap akan tampil maksimal. ’’Bukan berarti karena kami sudah lolos akhirnya bisa berleha-leha melepas laga,’’ tambahnya.

Lagi pula, Aji sudah meminta kepada pemain yang akan diturunkan untuk tampil maksimal. Bagi mantan pelatih Persela Lamongan itu, laga kontra PS Sleman akan jadi kesempatan bagi para pemain muda untuk unjuk gigi. ’’Mereka harus bisa menjawab kepercayaa­n yang saya berikan kalau ingin tetap mendapat kesempatan (tampil) ke depannya,’’ tegas Aji.

Jika diturunkan, Marsel yang masih berusia 16 tahun menegaskan tidak ingin membuang kesempatan yang diberikan. ’’Kalau dikasih menit bermain, saya akan main semaksimal mungkin. Soal target, nggak ada. Saya mau membuktika­n dulu penampilan di Piala Menpora ini gimana,’’ kata adik Oktafianus Fernando itu kepada Jawa Pos.

Jika tampil, Marsel bisa mengisi posisi winger kanan. Sementara posisi winger kiri biasa ditempati Akbar Firmansyah. Masalahnya, di posisi striker, Persebaya masih menunggu kondisi Samsul Arif Munip. Pemain 36 tahun itu cedera dalam laga kontra Persela Lamongan (3/4). Bahkan, Samsul harus berlatih secara terpisah dalam latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kemarin sore.

Kalaupun belum fit, Aji ogah memaksakan. Lagi pula, kondisi striker lainnya, Rivaldi Bawuo, sudah membaik. ’’Dalam latihan tadi (kemarin), Rivaldi juga sudah bisa berlatih dengan kondisi 100 persen,’’ kata Aji.

Artinya, kans mantan pemain Arema FC tersebut untuk tampil cukup besar. Itu sekaligus jadi ajang pembuktian bagi Rivaldi yang belum mencetak gol sama sekali.

Selain Rivaldi, kondisi Arif Satria sudah membaik. Mantan bek Persela itu juga sudah berlatih secara penuh. Jika ada rotasi, Arif bisa jadi opsi untuk mengganti posisi Rachmat Irianto ataupun Rizky Ridho. ’’Yang jelas, siapa pun yang turun, saya mau pemain harus tampil maksimal,’’ pungkas Aji.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? DAPAT KESEMPATAN: Ernando Ari Sutaryadi (dua dari kanan) bakal mengawal gawang Persebaya Surabaya di laga terakhir grup C melawan PS Sleman (7/4).
ANGGER BONDAN/JAWA POS DAPAT KESEMPATAN: Ernando Ari Sutaryadi (dua dari kanan) bakal mengawal gawang Persebaya Surabaya di laga terakhir grup C melawan PS Sleman (7/4).
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MASIH DITUNGGU: Samsul Arif diharapkan segera pulih dari cedera agar bisa kembali dimainkan. Kemarin dia masih menjalani latihan terpisah.
ANGGER BONDAN/JAWA POS MASIH DITUNGGU: Samsul Arif diharapkan segera pulih dari cedera agar bisa kembali dimainkan. Kemarin dia masih menjalani latihan terpisah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia