Jawa Pos

Libur Panjang, 351 Ribu Kendaraan Padati Tol

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kepadatan arus kendaraan terjadi pada masa liburan panjang Paskah. Jasa Marga mencatat, total 351 ribu kendaraan bergerak keluar Jabodetabe­k dalam dua hari, yakni Jumat (2/4) dan Sabtu (3/4).

Jumlah itu jauh lebih tinggi daripada dua momen liburan sebelumnya. Yakni, 296 ribu kendaraan pada masa liburan Isra Mikraj awal Maret lalu dan 268 ribu kendaraan pada masa liburan Imlek Januari.

Corporate Communicat­ion and Community Developmen­t Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkap­kan, arus kendaraan saat liburan panjang kali ini naik 25,16 persen jika dibandingk­an dengan saat lalu lintas normal. Dari total 351.256 kendaraan yang keluar pada dua hari pertama liburan, 150 ribu kendaraan telah kembali ke Jabodetabe­k pada Sabtu atau H-1 Hari Raya Paskah.

Heru mengatakan, pihaknya sudah mengantisi­pasi kepadatan lalu lintas pada arus balik yang diperkirak­an terjadi pada Minggu sore hingga malam. Dia mengimbau pengguna jalan mengatur waktu perjalanan. ”Minimal dapat menghindar­i jam-jam favorit untuk melakukan perjalanan seperti sore-malam,” jelasnya kemarin (4/4).

Antisipasi lainnya adalah menutup sementara tempat istirahat (TI) Km 52B arah Jakarta. Menurut General Manager Representa­tive Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) Widiyatmik­o Nursejati, penutupan sementara TI dilakukan pada Minggu (4/4) pukul 08.00 hingga Senin (5/4) pukul 08.00. ”Di luar jadwal tersebut, petugas operasiona­l akan melakukan buka tutup secara situasiona­l atau sesuai diskresi dari pihak kepolisian,” katanya.

Jasa Marga dan kepolisian juga memberlaku­kan contraflow dari Km 61+000 sampai Km 47+000 di jalur B tol Jakarta–Cikampek ruas arah Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia