Jawa Pos

Kasus Melandai, Nakes Rekreasi Mental Dulu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) terus menurun. Saat ini tinggal 48 pasien yang masih mendapatka­n perawatan medis di sana. Kondisi tersebut dimanfaatk­an para tenaga kesehatan (nakes) untuk rekreasi mental.

Penurunan jumlah pasien terjadi sejak pertengaha­n Maret lalu. Tidak banyak pasien lagi yang masuk. Itu berbeda dengan Februari. Pasien yang masuk setiap hari mencapai 50–60 orang.

Grafik penurunan kasus Covid-19 tidak lain disebabkan kedisiplin­an masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang meningkat. Ditambah lagi, pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dan vaksinasi berjalan lancar.

Penanggung jawab RSLI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menjelaska­n bahwa disiplin prokes kini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jawa Timur. Selain itu, ada program vaksinasi. Menurut dia, hal tersebut merupakan kunci utama dalam menekan angka persebaran kasus Covid-19

’’Sekarang grafik penyembuha­n lebih tunggi dibandingk­an pasien yang masuk. Total sudah lebih dari tujuh ribu pasien yang sembuh,’’ kata Nalendra kemarin (4/4). Tingkat hunian RS yang sepi dimanfaatk­an rumah sakit untuk mengadakan rekreasi mental. Mulai nakes hingga pegawai administra­si.

Nalendra menjelaska­n, rekreasi mental merupakan sebuah kegiatan penyegaran kembali tubuh serta pikiran untuk mendapatka­n kesenangan dan kepuasan agar siap menjalanka­n tugas atau aktivitas selanjutny­a.

Bentuknya bersifat fleksibel. Misalnya, silahturah­mi atau berbagi cerita kepada orang terdekat seperti teman dan keluarga meski hanya melalui telepon atau video call. Kemudian, mengadakan liburan bersama dengan tetap menerapkan prokes ketat. Tujuannya, menghilang­kan stres dan kejenuhan para nakes selama merawat pasien Covid-19.

Meski begitu, sistem pelayanan tetap berjalan normal. Petugas bekerja dengan menerapkan tiga sif. ’’Walaupun kondisinya terus membaik, kami tetap memikirkan hal terburukny­a. Yaitu, terjadinya lonjakan kasus,’’ ucap dia.

Apalagi, ada long weekend dan peringatan Paska. Walaupun tidak mengharapk­an, antisipasi tetap dilakukan. Seluruh personel dikerahkan secara maksimal.

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? PERLU REFRESHING: Tenaga kesehatan membantu pasien Covid-19 saat akan melakukan perawatan di RS Lapangan Kogabwilha­n II beberapa waktu lalu. Saat jumlah pasien menurun, mereka diajak rekreasi untuk mencegah stres.
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS PERLU REFRESHING: Tenaga kesehatan membantu pasien Covid-19 saat akan melakukan perawatan di RS Lapangan Kogabwilha­n II beberapa waktu lalu. Saat jumlah pasien menurun, mereka diajak rekreasi untuk mencegah stres.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia