Jawa Pos

Langgar Prokes, Bioskop Bisa Ditutup

Beradaptas­i dengan Disiplin Ketat di Dalam Studio

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lusi dan tiga rekannya tidak bisa langsung masuk ke studio bioskop. Dia tertahan di luar pintu kaca selama beberapa menit. Oleh satgas mandiri yang berdiri di depan pintu, mereka diminta untuk men-scan barcode terlebih dahulu. Di dalamnya terdapat formulir online yang wajib diisi para pengunjung. ’’Silakan formulir online diisi dulu. Setelah itu, baru bisa masuk,’’ kata Ahmad Hasyim kemarin (4/4). Dia adalah sekuriti yang ditugasi sebagai anggota satgas mandiri bioskop XXI Premiere Tunjungan Plaza (TP) 5

Formulir online itu disiapkan sebagai upaya penelusura­n kontak calon pengunjung bioskop. Itu dilakukan dalam rangka pengendali­an penularan Covid-19 di area teater. Menurut Hasyim, formulir online tersebut juga dibutuhkan pengelola sebagai data untuk mengetahui daya tampung studio. ’’Kami bisa tahu jumlah pengunjung dari pengisian formulir online ini,’’ ujarnya.

Sejak dibuka Jumat (2/4), operasiona­l bioskop memang harus beradaptas­i dengan sederet protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Itu dilakukan untuk memutus kemungkina­n timbulnya penularan Covid-19 di area teater. Selain mengisi formulir online, pengunjung mesti melaksanak­an prokes lain. Misalnya, menjaga jarak aman 1 meter saat antre membeli tiket, mengenakan masker, dan menyemprot kedua tangan dengan cairan hand sanitizer.

Setiap pengunjung juga menjalani pengecekan suhu tubuh. Mereka yang ketahuan punya suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius tidak diperkenan­kan masuk. Selain itu, pengunjung tidak boleh membawa makanan dan minuman di dalam teater. Makanan harus dititipkan di loker atau dimakan di lobi. Tujuannya, pengunjung tidak membuka masker di dalam studio. Ketentuan itu bagian dari standar operasiona­l prosedur (SOP) yang berlaku di semua bioskop.

Nah, Wali Kota Surabaya Eri

Cahyadi pun langsung memastikan semua prokes di bioskop dijalankan secara disiplin. Itu disampaika­n saat menggelar sidak ke XXI Premiere Tunjungan Plaza bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Sabtu (3/4). Eri mengimbau pengelola untuk tegas menjalanka­n prokes. Jika ditemukan ada pengunjung yang lalai menerapkan prokes, dia meminta pengelola melalui satgas mandiri bertindak tegas. ’’Misalnya, ada pengunjung yang melepas masker, saya minta tolong betul untuk ditegur. Tolong dijaga prokesnya dengan baik,’’ imbuhnya.

Dia menuturkan, setiap bioskop yang buka dipastikan sudah melalui proses asesmen Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya. Para pengelola pun sudah menyanggup­i untuk menjalanka­n prokes ketat untuk memutus rantai penularan Covid-19 di area studio. Nah, jika ada pengelola yang melanggar, tegas dia, pemkot tidak akan segansegan memberikan sanksi tegas. Yaitu, berupa penutupan usaha bioskop sampai masa pandemi Covid-19 berakhir. ’’Kami sudah membuat surat pernyataan dan menandatan­ganinya. Maka, kalau ada yang melanggar, kami tutup sampai berakhirny­a pandemi Covid-19,’’ tegas orang nomor satu di lingkungan Pemkot Surabaya itu.

Dalam sidak tersebut, Eri merasa cukup senang. Sebab, semua prokes dijalankan pengelola bioskop. Mulai pelaksanaa­n prokes yang paling standar seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menyediaka­n hand sanitizer. Setiap ruang teater juga berisi 50 persen dari total kapasitas yang tersedia.

Dia menyatakan bahwa pembukaan bioskop merupakan bagian dari keinginan bersama untuk memulihkan ekonomi Kota Pahlawan. Karena itu, Eri kembali meminta pengelola bioskop turut serta menekan laju persebaran Covid-19 dengan tetap menjaga prokes yang ketat. Dia optimistis semua pihak bergotong royong menjaga Surabaya agar segera terbebas dari pandemi Covid-19. Di sisi lain, kegiatan pemulihan ekonomi juga berjalan bersamaan.

’’Kita semua saling menghargai sehingga kota kita jadi adem ayem perekonomi­annya,’’ imbuh Eri.

Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosid­i mengatakan, para pengelola bioskop harus menjalanka­n seabrek aturan prokes. Misalnya, melarang pengunjung membawa makanan dan minuman di dalam teater. Makanan harus dititipkan di loker atau dimakan di lobi. ’’Kalau mau makan kan pasti buka masker. Nah, buka masker di dalam teater nggak boleh,’’ katanya.

Tempat duduk juga. Pengelola gedung bioskop wajib mengatur kursi penonton dengan berselang-seling. Yaitu, satu kursi yang terisi akan diselingi dengan satu kursi kosong. Begitu seterusnya. Itu dilakukan untuk menghindar­i potensi sentuhan fisik dalam memutus rantai penularan Covid-19 di dalam area teater. Itulah yang membuat kapasitas di dalam bioskop berkurang setengahny­a.

Penanggung jawab Movimax Betrix Sari menuturkan, pihaknya harus ekstrasaba­r menegakkan aturan itu. Pihaknya menugasi satgas mandiri untuk memelototi bagian dalam studio. Setiap pengunjung yang kedapatan melepas masker langsung ditegur. ’’Memang ada saja yang bandel. Banyak yang sudah kami tegur,’’ tuturnya.

Teguran, sambung Beatrix, juga diberikan kepada pengunjung yang duduk dengan tidak menjaga jarak. Pernah ada kejadian cukup unik saat tayang film Godzilla vs Kong Jumat lalu. Seorang anak berusia 7 tahun tiba-tiba menangis. Dia ingin duduk dekat dengan ibunya. Itu dipicu salah satu adegan dalam film yang membuatnya merasa agak takut. ’’Namun, setelah diberi pemahaman, si anak tetap duduk terpisah dari orang tuanya sampai selesai,’’ tuturnya, lalu tertawa.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TANPA SENTUHAN PETUGAS: Mereka yang akan masuk ke studio harus menunjukka­n tiket kepada petugas. Tiket selanjutny­a dimasukkan ke dalam wadah.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TANPA SENTUHAN PETUGAS: Mereka yang akan masuk ke studio harus menunjukka­n tiket kepada petugas. Tiket selanjutny­a dimasukkan ke dalam wadah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia