Jawa Pos

Bongkar Bangunan dan Melebarkan Saluran

DPUBMP Optimalkan Fungsi Aliran Air di Sekitar Tambaksari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Intensitas hujan mulai menurun. Namun, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya berupaya agar semua saluran bekerja optimal. Salah satu yang dilakukan adalah normalisas­i di kawasan Tambaksari.

Pengerjaan dan normalisas­i saluran itu terus dikebut. Termasuk saat akhir pekan. Ekskavator terus mengeruk sedimentas­i. Saluran tersebut memang berperan penting dalam menampung air yang berasal dari kawasan Tambaksari. Di antaranya, Gelora 10 Nopember dan Taman 10 Nopember.

Koordinato­r Rayon Gubeng DPUBMP Surabaya Bambang Yulianto menjelaska­n, pekerjaan di lokasi dibagi dua. Yakni, normalisas­i dan pelebaran. ’’Sebab, sebagian saluran mengalami penyempita­n. Terutama di sisi selatan atau dekat Taman 10 Nopember,’’ katanya.

Sementara itu, lebar sisi utara dekat Jalan Ngaglik hampir 5 meter. Saluran tersebut mengalami penyempita­n 3 meter ke arah selatan. Panjang totalnya 223 meter. Bambang menyatakan, normalisas­i bertujuan mendapat kedalaman ideal. Dengan begitu, daya tampung bisa maksimal. ’’Potensi genangan bisa dicegah,’’ ujarnya.

Dulu, kawasan itu memang jadi langganan banjir. Setelah ada penggantia­n box culvert dan normalisas­i, genangan saat musim hujan bisa dihindari. ’’Meskipun ada genangan, maksimal dua jam sudah hilang,’’ ucapnya.

Soal pelebaran, Bambang menyebut bangunan yang melebihi sempadan sudah dikepras tahun lalu. Rata-rata lebihnya 1 meter. ’’Sekarang proses penanggula­n masih terus kami kerjakan,’’ tuturnya.

Dia melanjutka­n, ada bangunan yang melebihi sempadan saluran yang belum ditertibka­n. Panjang sempadan yang termakan bangunan sekitar 50 meter. Kapan ditertibka­n? Bambang masih menunggu koordinasi dengan OPD terkait. ’’Kami fokus ke dua pekerjaan ini dulu agar cepat selesai,’’ terangnya.

Sebelumnya, DPUBMP membongkar sebagian bangunan permanen di kawasan itu. Pasalnya, bangunan tersebut berdiri di atas saluran. Tepatnya sodetan dari Jalan Bogen ke saluran primer. ’’Saluran itu menghubung­kan drainase kecil ke besar. Fungsinya vital. Lebarnya 1,2 meter,’’ paparnya.

Kini, saluran itu berfungsi dengan baik. Kontrol juga mudah dilakukan. Untuk antisipasi, sisi bangunan yang sudah dibongkar diberi pagar oleh petugas.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? CEGAH GENANGAN: Ekskavator DPUBMP Surabaya mengeruk sedimen saluran di sekitar kawasan Taman 10 Nopember, Tambaksari, kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS CEGAH GENANGAN: Ekskavator DPUBMP Surabaya mengeruk sedimen saluran di sekitar kawasan Taman 10 Nopember, Tambaksari, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia