Jawa Pos

Banyak Sampah Berserakan, Ulah dari Pengunjung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Banyak warga yang menjadikan Benteng Kedung Cowek sebagai area jujukan wisata. Selain sekadar berfoto di kawasan cagar budaya tersebut, mereka bisa menikmati pesisir. Namun, kondisi area itu masih terbilang kotor. Banyak sekali sampah yang berserakan. Mulai sisi utara hingga ke sisi selatan kawasan.

Berdasar pengamatan di lapangan, sampah yang mendominas­i adalah kantong plastik, sedotan, hingga popok bayi. ”Sampah-sampah itu termasuk dalam jenis yang susah terurai,” kata pegiat lingkungan dari Tunas Hijau Zamroni.

Dia kerap menemukan jenis sampah tersebut saat melakukan bersihbers­ih pantai. Sampah-sampah itu, kata dia, jelas berasal dari limbah rumah tangga maupun pengunjung. Misalnya, yang bisa terlihat dari sisa kemasan makanan atau minuman. ”Apalagi, kami banyak menemukann­ya di sela-sela bebatuan. Itu makin menyulitka­n pembersiha­n,” ujarnya.

Pemkot bukan tanpa usaha. Setiap hari ada petugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya yang memunguti sampah di area tersebut. Kabid Kebersihan DKRTH Surabaya Arif Rusman mengakui bahwa sampah yang berserakan di area Benteng Kedung Cowek memang meresahkan. Padahal, petugas tidak henti-hentinya melakukan pembersiha­n setiap hari. ”Ada satu truk yang kami luncurkan setiap pagi dan sore ke area itu,” jelasnya.

Arif menuturkan, sebagai area yang kerap dikunjungi, kebersihan Benteng Kedung Cowek juga harus dijaga wisatawan. ”Karena banyak sampah kemasan makanan yang kami temukan di sana,” ungkapnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? DIBUANG SEMBARANGA­N: Pengunjung berjalan di sekitar Benteng Kedung Cowek kemarin. Masalah sampah di kawasan itu mulai meresahkan. Foto bawah, berbagai komunitas memunguti kotoran di sela-sela batu di sekitar pesisir benteng.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS DIBUANG SEMBARANGA­N: Pengunjung berjalan di sekitar Benteng Kedung Cowek kemarin. Masalah sampah di kawasan itu mulai meresahkan. Foto bawah, berbagai komunitas memunguti kotoran di sela-sela batu di sekitar pesisir benteng.
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia