Jawa Pos

Cegah Risiko Terpapar, Gelar Munaqosah di Sekolah

-

SURABAYA, Jawa Pos - SMP Muhammadiy­ah 5 (Spemma) menggelar munaqosah untuk para siswanya pada akhir pekan kemarin. Itu merupakan bagian dari ujian untuk melihat perkembang­an hafalan Alquran para siswa. Sebanyak 32 murid ikut serta dalam ujian tersebut.

Kemampuan mereka diuji. Ada lima juz yang diuji, yakni juz 1, 27, 28, 29, dan 30. ’’Mereka berasal dari siswa kelas VII, VIII, dan IX,’’ ujar Direktur Program Tahfiz Khusnun Ni’am.

Satu per satu siswa masuk ke ruangan yang disediakan. Di hadapan penguji, mereka melantunka­n ayat Alquran yang diminta. Selama 10 menit kemampuan hafalan mereka diuji. Kegiatan itu berlangsun­g rutin setiap tahun. Namun, masa pandemi membuat kegiatan tersebut mengalami penyesuaia­n. Salah satunya soal sistem ujian.

Ni’am mengatakan, tahuntahun sebelumnya kegiatan dilakukan serempak dari seluruh Surabaya. Tempatnya pun bukan di sekolah. ’’Tahun ini kami mengajukan diri untuk ada munaqosah di sekolah. Tujuannya, meminimali­sasi risiko terpapar Covid-19. Pengujinya

tetap dari pusat tilawati cabang Surabaya,’’ katanya.

Ni’am menyebutka­n, dalam ujian itu para siswa dites dua hal. Yakni, sambung ayat dan tebak ayat. Menurut dia, program tahfiz butuh bantuan banyak pihak. Bukan hanya sekolah, melainkan juga orang tua. Anak-anak harus merelakan sebagian waktunya untuk belajar dan menghafal di rumah. ’’Mereka kami ajarkan untuk memahami setiap arti dari ayat tersebut. Jadi, tidak sekadar menghafal,’’ ujarnya.

Kepala Spemma Surabaya Alim menambahka­n, program itu sangat bermanfaat untuk siswa. Apalagi, mereka diajak memahami apa yang mereka pelajari. ’’Harapannya, siswa-siswi ini menjadi generasi yang memiliki akhlak dan tauladan bagi semua orang,’’ ujarnya.

 ?? ROBERT RISKY/JAWA POS ?? TOTAL 32 SISWA: Ainul Huda Al Hafidz menguji hafalan Alquran Asri Wulia Kirana di SMP Muhammadiy­ah 5 kemarin.
ROBERT RISKY/JAWA POS TOTAL 32 SISWA: Ainul Huda Al Hafidz menguji hafalan Alquran Asri Wulia Kirana di SMP Muhammadiy­ah 5 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia