Jawa Pos

Kuota Full, Ada Umat yang Terpaksa Balik Kucing

-

SURABAYA, Jawa Pos - Kemarin (4/4) menjadi rangkaian terakhir perayaan Paskah di seluruh gereja di Surabaya, termasuk di Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Kelsapa), Jalan Kepanjen. Secara keseluruha­n acara berlangsun­g lancar. Hanya, ada beberapa umat yang terpaksa ditolak karena gereja menerapkan kuota untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan satgas Covid-19.

Romo Kepala Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria (Kelsapa) Paryanto C.M. mengaku bersyukur serta berterima kasih kepada semua pihak yang membantu rangkaian peribadata­n. Penjagaan berlapis dari semua unsur, termasuk Pemerintah Kota Surabaya, TNI, dan Polri, membuat umat yang beribadah terasa nyaman dan khusyuk. ”Semua berjalan dengan aman. Meski berlangsun­g dengan terbatas,” katanya kemarin (4/4).

Dia mengungkap­kan bahwa perayaan pada tahun lalu dengan tahun ini jelas berbeda. Jika sebelumnya aktivitas peribadata­n berlangsun­g secara streaming, kini umat boleh hadir meski terbatas. ”Kalau tidak ada pandemi, bisa mencapai 2.000 jemaat. Tahun ini hanya 322 umat,” terangnya. Sebelum melakukan ibadah tatap muka, Gereja Kelsapa Kepanjen menjalani assessment dengan satgas Covid-19 dari Pemkot Surabaya.

Selama pelaksanaa­n rangkaian ibadah yang dimulai sejak Kamis malam (1/4) itu, ada beberapa jemaat yang tidak diperboleh­kan masuk. Kebijakan itu diterapkan karena kuota kapasitas yang ditetapkan Satgas Covid-19 Kota Surabaya sudah terpenuhi. Jemaat pun pulang dan beribadah via streaming di rumah.

”Ada suster kami yang kebetulan tidak bertugas terpaksa ditolak. Misa sore pukul 15.00, tapi pukul 14.00 kuota sudah terpenuhi. Ya kami sarankan mengikuti dari rumah,” jelasnya. Ada juga umat yang protes sudah mengantre lama, tapi karena kuota sudah terpenuhi, pihaknya tetap berpegang pada aturan. Bagi Romo Kulonprogo, Jogjakarta, itu, semua ini menjadi pelajaran bagaimana kesadaran prokes diuji.

Paryanto berharap pandemi dapat segera berakhir dan kehidupan dapat kembali normal dan pulih seperti sediakala. Dia juga berdoa agar kedamaian senantiasa menyelimut­i bangsa dan Indonesia, khususnya Surabaya, sebagaiman­a harapan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi agar Surabaya tetap aman dan kepemimpin­annya tetap amanah.

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BERJALAN LANCAR: Rangkaian ibadah Paskah di Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Kelsapa) di Jalan Kepanjen berlangsun­g tanpa hambatan yang berarti.
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS BERJALAN LANCAR: Rangkaian ibadah Paskah di Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Kelsapa) di Jalan Kepanjen berlangsun­g tanpa hambatan yang berarti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia