Jawa Pos

Pekan Ini Mulai Entri Rapor Siswa

Persiapan PPDB SMA/SMK

-

SURABAYA, Jawa Pos – Satuan pendidikan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) mesti mengentri nilai rapor semua siswa kelas IX ke dalam website khusus. Hal itu merupakan ketentuan dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim dalam rangkaian penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini. Sekolah pun sudah bersiap melaksanak­an kewajiban tersebut.

”Kalau di Surabaya ini, semua nilai rapor siswa mulai semester I–V sudah ada di database yang dimiliki Dispendik Surabaya. Jadi, sudah disiapkan sesuai dengan yang diminta dinas provinsi,” ujar Kepala SMPN 1 Akhmat Suharto kepada Jawa Pos kemarin (4/4). Dia mengungkap­kan, hal itu cukup memudahkan pihak sekolah. Sebab, sekolah tidak perlu mengentri ulang nilai rapor siswa selama lima semester.

Meski begitu, sekolah dan juga siswa tetap harus mengecek dan verifikasi data dari database Dispendik Surabaya itu. Dengan begitu, tidak ada kesalahan sedikit pun. ”Meski kemungkina­n kekeliruan­nya kecil, kami akan cek. Begitu juga dengan siswa, mereka juga mencocokka­n nilai di database itu sama nilai di rapornya. Kalau ada yang keliru, kami akan betulkan,” imbuhnya.

Hari ini (5/4) database nilai rapor itu sudah bisa diakses dan dicek satu per satu. Bukan hanya nilai mapel, pihak sekolah dan siswa juga harus mengecek benar tidaknya nilai rata-rata rapor yang telah dimasukkan ke database. ”Nanti kami bagikan rapor ke siswa secara bertahap. Namun, bisa juga kami kirimkan dalam bentuk file PDF supaya mereka tidak sampai ke sekolah barengbare­ng. Sekaligus memudahkan siswa untuk bisa mencocokka­n nilainya. Sudah sesuai dengan yang ada di rapor atau belum,” paparnya.

Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi mengungkap­kan bahwa jalur PPDB tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Meskipun, ada beberapa penyesuaia­n dan perubahan. Misalnya, dalam hal persentase dan juga urutan jalur penerimaan. Dia memastikan bahwa siswa yang berprestas­i, baik akademik maupun nonakademi­k, bakal mendapat perhatian besar dalam PPDB tahun ini. ”Jalur prestasi bakal didahuluka­n. Sebagai reward bagi mereka yang punya prestasi. Karena negeri ini sangat butuh anak-anak yang berprestas­i,” ungkapnya.

Wahid menambahka­n, keseluruha­n rangkaian PPDB juga akan tetap dilakukan secara daring. Sama dengan tahun lalu. Selain karena alasan pandemi yang belum berakhir, dimaksudka­n itu bisa memudahkan semua peserta PPDB. Mereka tidak harus bolak-balik ke seklah yang dituju untuk menyerahka­n berkas secara fisik. ”Setelah pergub turun kami akan langsung sosialisas­i supaya Mei nanti sudah bisa dibuka pendaftara­n,” paparnya.

reward

WAHID WAHYUDI Kepala Dispendik Jatim

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia