Jawa Pos

The Weeknd Sumbang Ethiopia Rp 14,5 M

-

LOS ANGELES, Jawa Pos – The Weeknd merespons konflik yang terjadi di negara-negara Afrika. Penyanyi bernama asli Abel Makkonen Tesfaye itu mendonasik­an USD 1 juta (Rp 14,5 miliar) untuk mendanai 2 juta makanan dalam memerangi kelaparan di Ethiopia. Donasi tersebut disalurkan melalui United Nations World Food Programme.

’’Hatiku hancur melihat orang-orangku di Ethiopia karena warga sipil yang tidak bersalah, mulai anak-anak hingga orang tua, dibunuh secara tidak masuk akal dan seluruh desa terusir karena ketakutan dan kehancuran,’’ tulis pemilik lagu Blinding Lights itu lewat media sosialnya. Dia juga menyelipka­n link World Food Programme agar fansnya ikut berdonasi.

TheWeekndl­ahirdiToro­nto,Kanada,pada16Febr­uari 1990.Orangtuany­a,Makkonenda­nSamraTesf­aye,adalah imigran dari Ethiopia. Dia juga mendatangi Ethiopian Orthodox Church. Karena itu, penyanyi Starboy tersebut merasa begitu dekat dengan masyarakat Ethiopia.

Konflik di Ethiopia dimulai November lalu setelah Tigray People’s Liberation Front (TPLF) merebut pangkalan militer di wilayah utara Ethiopia. Perdana Menteri Abiy Ahmed memerintah­kan serangan militer untuk mengguling­kan kelompok itu. Ribuan warga sipil tewas dan puluhan ribu orang mengungsi sejak kerusuhan dimulai.

Ini bukan kali pertama The Weeknd berdonasi. Februari lalu, dia berkolabor­asi dengan Postmates untuk menyumbang­kan 150 makanan kepada para tenaga kesehatan di Tampa, Florida, dalam rangka Black History Month. Juni tahun lalu, dia juga menyumbang­kan USD 1 juta (Rp 14,5 miliar) kepada masyarakat terdampak Covid-19. Setengah dari donasi itu diberikan kepada pekerja rumah sakit garda depan di Scarboroug­h Health Network melalui MusiCares.

 ?? JEAN BAPTISTE LACROIX/GETTY IMAGES/AFP ??
JEAN BAPTISTE LACROIX/GETTY IMAGES/AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia