Jawa Pos

Dua Tahun Vakum, 11 Anggota Dewan Pendidikan Disahkan

-

SURABAYA, Jawa Pos - Setelah kosong lebih dari dua tahun, akhirnya ditetapkan sebelas anggota Dewan Pendidikan Surabaya. Mereka akan bertugas mengawasi serta memberikan kritik dan saran untuk pendidikan di Kota Pahlawan. Mereka berasal dari beragam latar belakang, mulai pendidik hingga putra purnawiraw­an.

Sebelas orang itu telah disahkan melalui keputusan wali kota Surabaya pada 29 Maret lalu.

Mereka adalah Endang Setyani dari Institut Sains dan Teknologi Terapan Surabaya, Fatchul Munir (Himpunan Psikologi Indonesia), Fauzan Abdillah (Surabaya Creative Network), D. Wahjoeharj­anto (Persatuan Wartawan Indonesia), Sita Pramesthi (Badan Koordinasi Kesejahter­aan Sosial), dan Siswohadi (Gerakan Rakyat Indonesia). Juga ada Linda Hartati (Himpunan Psikologi Indonesia Jatim), Nuniek Fahriani (Forum Pengurus Karang

Taruna), Herru Prastyo (Yayasan Pendidikan Fajar Enesce), Juli Poernomo (Paguyuban Pos PAUD Terpadu), serta Arief Mardijanto (Forum Komunikasi Putra Purnawiraw­an XIII Jatim).

Mantan Ketua Dewan Pendidikan Surabaya Martadi menjelaska­n, rekrutmen dimulai awal tahun lalu. Tapi, pelaksanaa­nnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Selang satu tahun, tahapan pemilihan kembali berlanjut.

Sebanyak 50 pendaftar menjalani beragam tes hingga terpilih sebelas orang.

Setidaknya ada tiga hal utama yang jadi pertimbang­an dalam memilih sebelas orang tersebut. Yakni, komitmen memajukan pendidikan, kompetensi di dunia edukasi, serta waktu lebih untuk mau bekerja di dewan pendidikan. Martadi mengingatk­an, kerja di dewan pendidikan merupakan pengabdian. Tidak digaji. ’’Oleh sebab itu, kami melihat seberapa banyak waktu yang bisa mereka berikan,’’ paparnya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Surabaya Supomo berharap dewan pendidikan bisa bersinergi dengan pemkot. Pasalnya, pada masa pandemi Covid-19, bidang pendidikan mendapatka­n tantangan besar. Salah satunya melanjutka­n sekolah tatap muka. ’’Kami berharap masukan dari dewan pendidikan,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia