Jawa Pos

Ingin Pemkot Segera Bangun Museum di Ampel

Agar Peninggala­n Ulama Bisa Segera Dikumpulka­n

-

SURABAYA, Jawa Pos − Penataan kompleks Makam Sunan Ampel mendapat dukungan penuh. Namun, pegiat sejarah mengingatk­an agar program itu tak mengusik benda cagar budaya yang berada di area wisata. Sejarawan mendorong pemkot segera merealisas­ikan pembanguna­n Museum Ampel agar benda-benda lawas lebih terawat dan bermanfaat.

Rencana pengadaan museum di kawasan wisata religi muncul di era Wali Kota Tri Rismaharin­i. Desain dan kajiannya sudah selesai. Rencananya, museum dibangun di kompleks rumah potong hewan (RPH).

Ketua Pokdarwis Ampel M. Khotib mengungkap­kan, pengurus wisata akan menemui wali kota dalam waktu dekat. Salah satu yang ditanyakan terkait pembanguna­n museum di Ampel. ”Dulu sudah disampaika­n dari pemkot. Makanya nanti ditagih,” kata Khotib.

Mengacu informasi dari pengurus Makam dan Masjid Sunan Ampel, ada lebih dari seratus benda peninggala­n Raden Rahmat yang tersebar di Indonesia. Bentuknya beragam. Selain surat, ada jejak Sunan Ampel yang berbentuk buku. Itu berisi ajaran kehidupan. Selain itu, tim pendiri museum menemukan Alquran yang ditulis Wali Sanga kelahiran Champa tersebut.

Lantas, bagaimana konsep museum nantinya? Khotib menjelaska­n, museum tidak saja menggambar­kan perjuangan Sunan Ampel. Akan ada narasi-narasi terkait ajarannya. Beberapa bangunan di Ampel juga bakal diulas secara detail. ”Pasti menarik. Sebab, museum juga akan membahas kehidupan masyarakat di Kampung Arab tempo dulu,” ungkap Khotib.

Khotib menyebut keberadaan museum sangat penting. Tak hanya untuk wisatawan, tetapi juga para peneliti. Museum memudahkan anak sekolah dan mahasiswa mencari riwayat Sunan Ampel.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? TAGIH JANJI: Pokdarwis Ampel akan menghadap ke wali kota Surabaya dan bertanya tentang kelanjutan pembanguna­n Museum Sunan Ampel.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS TAGIH JANJI: Pokdarwis Ampel akan menghadap ke wali kota Surabaya dan bertanya tentang kelanjutan pembanguna­n Museum Sunan Ampel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia