Jawa Pos

Sensor Produk Barat di Acara TV

-

BEIJING, Jawa Pos – Tiongkok benar-benar total dalam membalas. Mereka merealisas­ikan ancamannya untuk memboikot brand yang mendukung warga minoritas muslim Uighur. Saat ini mayoritas stasiun televisi mengaburka­n logo merek yang masuk daftar hitam. Misalnya, Nike, Adidas, serta H&M.

Dilansir Insider, dalam salah satu acara kompetisi menyanyi Youth with You tampak para kontestan berlatih menari. Saat sesi latihan tersebut, mereka memakai kaus dengan logo milik Adidas Neo, sepatu Adidas Shell Toe, serta celana dengan merek yang sama. Di awal-awal episode, semua normal. Namun, di episode belakangan ini semuanya diblur alias diburamkan.

Dalam reality show Listen to Me, sepatu yang dipakai artis Tiongkok Zhang Lanxin juga diburamkan. Dia diduga memakai Nike Air Jordan 1s. Para artis di variety show Sisters Who Make Waves juga terlihat seperti berjalan di atas awan gara-gara semua sepatunya diburamkan.

Adidas, Nike, H&M, GAP, Fila, New Balance, Zara, Under Armour, serta beberapa brand lainnya menghadapi reaksi keras dari Tiongkok. Produk-produk global itu mengungkap­kan keprihatin­an atas kerja paksa di Provinsi Xinjiang. Penduduk Uighur dikabarkan menjalani kerja paksa di perkebunan kapas dan beberapa pabrik. Tak cukup sampai di situ, kamp detensi bagi penduduk Uighur juga memperpara­h situasi. Itulah yang memicu kecaman. AS bahkan menyebut tindakan Tiongkok kepada penduduk Uighur sebagai genosida.

Pemerintah dan mayoritas penduduk Tiongkok tidak terima. Mereka membalas dengan memboikot produk-produk luar. Barang-barang milik H&M ditarik dari platform belanja online seperti Taobao, Alibaba, dan Pinduoduo. Perusahaan pemilik brand-brand yang masuk daftar hitam tersebut benar-benar terpukul. Dengan perekonomi­an yang membaik dan penduduk yang banyak, Tiongkok adalah pasar yang empuk untuk berdagang. Mungkin karena itulah beberapa brand menyatakan berkomitme­n mendapatka­n lagi kepercayaa­n penduduk Tiongkok.

Beberapa netizen membuat lelucon atas situasi saat ini. Terutama terkait dengan kerja keras yang harus dilakukan editor stasiun televisi. ’’Mereka pasti bekerja sangat keras. Saya rasa mereka tidak bisa tidur beberapa hari,’’ kata salah seorang netizen di Weibo.

 ?? HECTOR RETAMAL/AFP ?? PRODUK LUAR NEGERI: Dua sejoli terlihat melewati iklan untuk raksasa apparel olahraga AS Nike di Shanghai pada 26 Maret 2021.
HECTOR RETAMAL/AFP PRODUK LUAR NEGERI: Dua sejoli terlihat melewati iklan untuk raksasa apparel olahraga AS Nike di Shanghai pada 26 Maret 2021.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia