Jawa Pos

Mohon Solusi dari Bursa Efek Indonesia dan OJK

-

SAYA investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan merupakan pemegang saham MITI dari PT Mitra Investindo Tbk. Saya juga memiliki member kartu KSEI IDD1712790­16596. Ketertarik­an awal saya untuk menjadi investor pasar modal Indonesia karena BEI berada di bawah pengawasan dan perlindung­an Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, ada jaminan keamanan bagi investor dari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan.

Namun, pada 12 Maret 2021, muncul pengumuman dari BEI melalui situs resminya bahwa saham MITI berpotensi di-delisting. Itu setelah saham MITI di-suspend selama lebih dari dua tahun sejak Maret 2019.

Awalnya saya membeli saham MITI melalui Mirae Asset Sekuritas.

Ternyata saham MITI reverse stock dan kemudian right issue pada saat saham masih di-suspend BEI. Artinya, tidak ada perdaganga­n pada jam bursa saham Indonesia. Kini, jumlah saham saya berkurang tanpa saya trading-kan dan tanpa persetujua­n saya sebagai investor.

Yang membuat saya keberatan, saham yang ter-listing di BEI itu berada di bawah pengawasan dan perlindung­an OJK. Namun, saya mendapatka­n pengumuman dari BEI bahwa investor diminta menghubung­i Ibu Diah Pertiwi Gandhi selaku direktur dan sekretaris perusahaan PT Mitra Investindo Tbk.

Saat saya hubungi melalui telepon, mereka mengatakan bahwa PT Mitra Investindo tidak bisa membeli saham yang kami miliki dengan alasan tidak punya uang. Lalu, mengapa saham MITI tidak dibuka kembali dalam perdaganga­n di BEI agar para investor saham MITI dapat menjual dan mencairkan dana yang tentunya sangat besar dan berarti di masa pandemi ini?

Sebagaiman­a yang disebutkan bahwa BEI berada di bawah pengawasan dan perlindung­an OJK, melalui surat pembaca ini, saya mohon pihak OJK dan BEI segera memberikan solusi dengan membuka perdaganga­n saham MITI baik di pasar nego, reguler, maupun tunai. Reputasi OJK dipertaruh­kan hanya dengan kenyataan ini. Jika bisa memberikan solusi, tentu akan dipercaya kembali oleh beberapa calon investor untuk tidak ragu menginvest­asikan uangnya di BEI.

OFI FITRI NIRWANA, Jalan Kasuari IV, Bintaro Jaya,

Tangerang Selatan

 ?? ILUSTRASI BUDIONO/JAWA POS ??
ILUSTRASI BUDIONO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia