Jawa Pos

Potensi Angin Kencang Selama 3 Hari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pergantian musim dan siklon tropis seroja berdampak cukup signifikan pada cuaca dan angin di Jatim. Potensi terjadinya cuaca ekstrem cukup tinggi.

Bahkan, seharian kemarin, sejumlah insiden angin kencang melanda di berbagai wilayah. Diperkirak­an, kondisi tersebut berlangsun­g hingga tiga hari ke depan. ”Angin kencang bisa muncul sewaktu-waktu dan gelombang laut selatan Jawa cukup tinggi,” kata prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Arrizal R. Fatoni.

Dia mengatakan, situasi tersebut berpotensi membuat angin puting beliung terjadi di berbagai tempat. Kekuatan angin itu pun beragam. Ada yang ringan, ada pula yang kencang. Diperkirak­an, tiga hari ke depan angin di wilayah selatan Pulau Jawa cukup kencang. ”Bisa mencapai 30 knot atau sekitar 60 kilometer per jam,’’ jelas Rizal.

Kemarin, angin kencang melanda sejumlah daerah di Jatim. Di sepanjang jalan raya kawasan Balai Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, 18 tiang listrik ambruk. Akibatnya, jaringan listrik mati total. Akses lalu lintas juga terhambat. ”Semua lokasi wisata di Alas Purwo jaringan listriknya mati. Ada 18 tiang listrik yang ambruk,” ujar Kepala Seksi Pengelolaa­n TN Alas Purwo Wilayah I Tegaldlimo Probo Wresni Aji.

Sementara itu, Stasiun Meteorolog­i Kelas 1 Juanda Sidoarjo juga menerbitka­n imbauan terkait perkembang­an dinamika atmosfer dan kewaspadaa­n terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem di Jawa Timur. Hal itu langsung direspons pengelola bandaraban­dara.

 ?? KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MELINTANG: Tiang listrik yang ambruk menutup badan jalan sepanjang 1 kilometer di Resor Rowobendo, TN Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, kemarin (7/4).
KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI MELINTANG: Tiang listrik yang ambruk menutup badan jalan sepanjang 1 kilometer di Resor Rowobendo, TN Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, kemarin (7/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia