Jawa Pos

Libatkan 154 UMKM Terbaik Pemeran Virtual

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dari puluhan ribu UMKM yang ada di Surabaya, hanya 154 usaha yang diikutsert­akan dalam pameran virtual oleh pemkot. Mereka mewakili tiap kelurahan di metropolis.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Surabaya Rini Indriyani menuturkan, pameran bertajuk Virtual Fashion, Craft, Culinary Expo 2021 itu bertujuan agar pandemi Covid-19 tidak membuat UMKM mati. Dia pun mengajak dinasdinas untuk membantu promosi usaha kecil tersebut. ’’Saya ajak dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud), dinas perdaganga­n (disdag), serta dinas komunikasi dan informatik­a (diskominfo) mewujudkan­nya,’’ jelas Rini yang juga istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Antusiasme pelaku UMKM untuk mengikuti pameran virtual yang digelar pada 9–11 April itu terbilang tinggi. Sebelum pameran dibuka, pemkot meminta kelurahan melakukan pendataan. Dari puluhan ribu UMKM, pemkot mengambil satu UMKM terbaik di setiap kelurahan. ’’Total 154 UMKM,’’ papar Rini.

Kepala Disdag Surabaya Wiwiek Widayati menuturkan,

UMKM tersebut harus memenuhi persyarata­n kualitas produk, pengemasan yang menarik, hingga legalitas. Jadi, barang yang dihasilkan tidak bermasalah. ’’Ketiganya harus dipenuhi,’’ ujarnya.

Warga yang ingin mengikuti pameran itu bisa mengakses https://virtualexp­oukm.surabaya.go.id. Kepala Diskominfo Surabaya M. Fikser mengatakan, warga tinggal mengakses website tersebut. Kemudian, mereka mendaftark­an identitas dan mendapat sandi untuk login. Dalam website, pemkot menyiapkan sejumlah klasifikas­i. Warga yang hendak melihat kerajinan tangan dapat mengakses craft. Sementara itu, yang ingin berbelanja busana bisa masuk ke bagian fashion.

Kepala Disparbud Surabaya Antiek Sugiharti menambahka­n, pameran itu juga dirangkai dengan fashion show, demo memasak, hingga webinar tentang pengembang­an usaha. ’’Malamnya kami isi dengan pentas budaya,’’ terangnya.

Rini menambahka­n, virtual expo merupakan cara pemkot untuk membantu pelaku usaha. Kegiatan tersebut menyasar seluruh kalangan. Mulai anak muda hingga yang sudah berumur. Pameran virtual juga menguntung­kan karena bisa diakses lintas negara. Pemkot bakal bekerja sama dengan sister city Surabaya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? PEMBERDAYA­AN USAHA KECIL: Ketua Dekranasda Surabaya Rini Indriyani (tengah) memaparkan konsep dan kegiatan virtual expo UMKM yang melibatkan 154 usaha kecil. Pemkot menargetka­n produk UMKM tidak hanya dibeli warga Surabaya, tetapi juga dilirik konsumen luar negeri.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS PEMBERDAYA­AN USAHA KECIL: Ketua Dekranasda Surabaya Rini Indriyani (tengah) memaparkan konsep dan kegiatan virtual expo UMKM yang melibatkan 154 usaha kecil. Pemkot menargetka­n produk UMKM tidak hanya dibeli warga Surabaya, tetapi juga dilirik konsumen luar negeri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia