Jawa Pos

Jelang Ramadan, Stok Aman

Tersedia Cadangan Beras 43 Ribu Ton

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pemkab Sidoarjo ingin memastikan ketersedia­an beras menjelang Ramadan aman. Sebab, stok beras melimpah.

Untuk itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengunjung­i gudang Perum Bulog Subdivre Wilayah I Buduran kemarin. Dia didampingi langsung oleh Direktur Bisnis Perum Bulog Pusat Febby Novita serta jajaran OPD terkait.

”Kunjungan ke Bulog hari ini (kemarin, Red) bertujuan mengecek ketersedia­an stok beras dan memastikan adanya cadangan beras beberapa bulan ke depan,” kata Muhdlor.

Saat ini tersedia cadangan beras kurang lebih 43.000 ton. Pihaknya bersyukur cadangan itu masih bisa untuk mengantisi­pasi jika terjadi kekurangan-kekurangan beras di masyarakat selama pandemi Covid-19 saat ini.

Febby menyebutka­n, selain memantau stok beras, tujuan kunjungann­ya kali ini sekaligus melakukan pendekatan kepada kepala-kepala daerah, termasuk Sidoarjo, untuk membangun sinergisit­as bersama pemerintah daerah. Tujuannya, beras yang dipanen petani-petani Sidoarjo bisa diserap Bulog.

Kunjungan ke Bulog hari ini (kemarin, Red) bertujuan mengecek ketersedia­an stok beras dan memastikan adanya cadangan beras beberapa bulan ke depan.’’

AHMAD MUHDLOR ALI Bupati Sidoarjo

”Jawa Timur merupakan daerah yang stok berasnya melimpah,” katanya. Dia kemarin juga menunjukka­n beberapa mesin baru yang bisa memfasilit­asi penyerapan beras dari petani agar bisa terolah sesuai dengan spesifikas­i maupun kualifikas­i yang telah ditentukan dalam Permendag Nomor 24 Tahun 2020.

Jadi, untuk kendala mesin di Sidoarjo, penggiling­nya masih kecil. ”Output-nya belum bisa masuk kualifikas­i kriteria Bulog. Namun, ke depan bisa bekerja sama. Beras pecah kulit hasil giling petani bisa kami beli, lalu diolah dengan mesin itu sehingga menjadi beras yang berkualita­s,” kata Febby.

Selain di ranah pengolahan, dia menyampaik­an pentingnya penyuluhan serta edukasi tentang kualitas beras atau gabah. Dengan demikian, penyerapan bisa sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia