Jawa Pos

Guru Jadi Panutan Berbahasa

-

GURU juga merupakan role model bagi siswa untuk kompetensi, pengetahua­n, dan keterampil­an berbahasa. Terutama guru bahasa Indonesia. Hal itu diungkapka­n Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo Dr Tirto Adi. ’’Guru tidak hanya memberikan contoh, tapi patut dicontoh atau ditiru oleh siswa,” ujar Dr Tirto dalam Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru SMA/MA di wilayah Surabaya dan Sidoarjo pada Senin (5/4) dan Selasa (6/4).

Dalam acara yang berlangsun­g di gedung Graha Pena Surabaya tersebut, Dr Tirto yang juga merupakan pegiat literasi diminta memberikan motivasi dan wawasan kepada para peserta dalam hal kepenulisa­n.

Hadir pula dalam acara itu Kepala Balai Bahasa Jawa Timur Dr Asrif MHum. Dia mengungkap­kan, guru sangat berperan penting dalam mencerdask­an anak bangsa. ’’Guru adalah mitra utama kami di Balai Bahasa Jatim. Produk-produk kebahasaan seperti kamus, pedoman penyusunan kosakata, dan glosarium yang kami buat itu memang harapannya bisa dimanfaatk­an secara maksimal oleh guru. Baik untuk kepentinga­n pengajaran di kelas maupun untuk peningkata­n kapasitas dan wawasan guru,’’ paparnya di hadapan sekitar 50 guru SMA/MA Surabaya dan Sidoarjo.

Menurut Ketua Panitia Arif Izzak, Balai Bahasa Jatim tahun ini mengusung semangat literasi. ’’Para guru diarahkan untuk mendukung tugas-tugas penulisan karya tulis ilmiah,’’ ungkapnya saat dihubungi kemarin (7/4).

Dalam agenda tersebut, diberikan pretest dan posttest. Yakni, pretest sebelum materimate­ri diberikan, lalu posttest setelah semua materi diselesaik­an. ’’Hasilnya, ada peningkata­n yang luar biasa. Kami berharap penyuluhan yang diadakan selama 2 hari itu bisa meningkatk­an kompetensi dan skill atau keterampil­an berbahasa guru-guru bahasa Indonesia,” ujarnya.

 ?? BALAI BAHASA JATIM FOR JAWA POS ??
BALAI BAHASA JATIM FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia