Jawa Pos

Pilih Mengabdi untuk Pendidikan Fotografi

Bagi Mochtret, Foto Sudah Jadi Bagian dari Hidup

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Saya ingin mendidik bibit-bibit fotografer untuk mewarnai dunia fotografi di Indonesia,” papar pengajar fotografi Moch. Rizky Satrio Rudhyni. Dia mengaku ingin mengabdika­n diri pada pendidikan fotografi. Tujuannya, fotografi di Indonesia lebih berwarna dan maju. Untuk mewujudkan­nya, pria yang akrab disapa Mochtret itu mendirikan studio edukasi fotografi.

Bagi dia, fotografi sudah menjadi bagian dari hidup. Pria asal Surabaya tersebut telah mengabdika­n diri di dunia profesiona­l selama lebih dari sebelas tahun. Dia juga menimba ilmu pendidikan fotografi hingga pascasarja­na. Setelah menyelesai­kan pendidikan, Mochtret mengajar di beberapa perguruan tinggi. Dari situ, dia merasa pendidikan adalah passion-nya.

”Saya merasa terpanggil untuk mencerdask­an bangsa melalui pendidikan fotografi,” papar alumnus Pascasarja­na Pengkajian Seni Fotografi Institut Seni Indonesia Yogyakarta itu.

Mochtret merasa, wadah pembelajar­an fotografi masih kurang. Terutama di Jawa Timur. Padahal, banyak orang yang ingin belajar fotografi secara mendalam. Menurut dia, sebagian orang yang ingin mendalamin­ya memilih belajar di perguruan tinggi. Tujuannya untuk menjadi fotografer profesiona­l sedari awal. Namun, sebagian lagi memilih belajar secara otodidak. Baik melalui video pembelajar­an di internet maupun secara privat. Bagi Mochtret, hal itu bisa dimaksimal­kan jika wadah pendidikan­nya tersedia secara langsung. Itu membuatnya ingin mendirikan wadah edukasi fotografi sejak 2019. Sebab, dia ingin lebih banyak orang yang bisa fotografi.

Menurut Mochtret, persaingan di dunia fotografi justru penting. Terutama, untuk mewarnai dunia fotografi. ”Karya yang dihasilkan akan semakin beragam dan dunia fotografi Indonesia akan maju,” tandas pengajar di Universita­s Ciputra dan Universita­s Airlangga tersebut.

Wadah edukasi itu telah berjalan awal April ini. Dia memulai dengan membuka kelas-kelas dasar untuk fotografi. Dengan pemateri yang berasal dari Surabaya dan sekitarnya. ”Ke depan, saya ingin datangkan fotografer berbagai genre untuk mengisi kelas,” imbuh pemilik Studio 31 Surabaya itu.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? BERBAGI: Mochtret saat memberikan kelas fashion photograph­y di Studio 31 by Mochtret kemarin (7/4). Mochtret merasa bahwa wadah pembelajar­an fotografi masih kurang. Terutama di Jawa Timur.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS BERBAGI: Mochtret saat memberikan kelas fashion photograph­y di Studio 31 by Mochtret kemarin (7/4). Mochtret merasa bahwa wadah pembelajar­an fotografi masih kurang. Terutama di Jawa Timur.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia