Jawa Pos

Kim Geser Kylie Jenner

Masuk Daftar Miliuner Forbes

-

NEW YORK, Jawa Pos – Kim Kardashian resmi berstatus miliuner. Hal itu diungkap dalam laporan terbaru Forbes kemarin (7/4). Bintang Keeping

Up with The Kardashian­s tersebut diperkirak­an memiliki total kekayaan USD 1,8 miliar (Rp 26,1 triliun) –naik dari catatan Oktober 2020 yang ada di kisaran USD 780 juta (Rp 11,3 triliun). Namanya berada di urutan 1.750 dari daftar miliuner tahunan Forbes.

Majalah bisnis itu mengungkap, kekayaan Kardashian paling banyak disumbang oleh KKW Beauty dan lini shapewear terbarunya, Skims. Kardashian meraup kekayaan setelah melego 20 persen saham KKW Beauty ke Coty, konglomera­t bisnis kosmetik, tahun lalu. Kini, kepemilika­n ibu empat anak tersebut ’’hanya” 72 persen –yang ditaksir bernilai USD 500 juta (Rp 7,25 triliun).

KKW Beauty merupakan lini kosmetik Kardashian yang terinspira­si Kylie Cosmetics milik adik tirinya, Kylie Jenner. Konsepnya pun nyaris serupa. Yakni, menerapkan distribusi langsung ke konsumen serta pemasaran lewat media sosial. Berawal dari contour kit, KKW Beauty saat ini memiliki produk lipstik hingga parfum.

Kekayaan Kardashian juga tak lepas dari Skims, lini shapewear yang baru berumur dua tahun. Skims didirikan dengan bantuan investasi dari ’’orang dalam” fashion seperti Natalie Massane dari Net-a-Porter dan Andrew Rosen. Mengutip Forbes, Kardashian masih menjadi pemegang saham terbesar Skims.

Salah satu sumber dari perusahaan itu menyatakan, beberapa waktu lalu, ada transaksi pertukaran saham senilai USD 500 juta (Rp 7,25 triliun). Jadi, nilai Skims kini diperkirak­an ada di kisaran USD 225 juta (Rp 3,26 triliun). Meski tergolong pemain baru, Skims memiliki laju penjualan yang masif. Sebab, mereka cermat membaca pasar. Di masa pandemi, Skims beralih ke loungewear dan gaun malam yang lebih nyaman dipakai ketimbang korset, produk andalan mereka.

Kekayaan Kardashian lainnya disumbang oleh aset dan investasi, termasuk real estate miliknya. Istri Kanye West itu tercatat memiliki tiga properti di Calabasas di barat daya Los Angeles. Dia juga memiliki portfolio investasi blue chip plus saham di Disney, Amazon, dan

Netflix. Pada 2017, Kardashian juga mendapat kado Natal berupa saham Adidas dari sang suami, yang menjadi kolaborato­r perusahaan sportswear tersebut.

Berbeda dengan Kardashian, sang adik tiri, Kylie Jenner, justru tersingkir dari daftar miliuner Forbes. Awal tahun lalu, Coty memboyong 51 persen saham Kylie Cosmetics di harga USD 1,2 miliar (Rp 17,4 triliun). Namun, dari paparan data yang diumumkan Coty ke publik, ’’harga” perusahaan kosmetik itu hanya separo dari yang diklaim Jenner pada Forbes. Kris Jenner, sang ibu, juga dikabarkan memiliki bagian saham. Data baru itu, plus penjualan kosmetik yang turun karena pandemi, membuat Jenner tersingkir. Kekayaan perempuan kelahiran 10 Agustus 1997 tersebut diperkirak­an ’’hanya” USD 700 juta (Rp 10,15 triliun). Dalam laporan tahunan ke-35,

Forbes menyatakan bahwa jumlah kekayaan maupun miliuner naik drastis tahun ini. ’’Meski dalam kondisi pandemi, banyak rekor yang ditorehkan tahun ini. Ada kenaikan kekayaan hingga USD 5 triliun (Rp 72.529 triliun) dan banyak nama baru, yang jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang tahun lalu,” papar staf Forbes Kerry A. Dolan.

Dolan melanjutka­n, terlepas dari pandemi, pergerakan ekonomi cukup masif. Penawaran saham pada publik sangat cepat. Mata uang crypto meroket, begitu pula harga saham. ’’Jumlah miliuner juga ’meledak.’ Total ada 2.755 orang, lebih banyak 660 orang dari tahun lalu,” paparnya. Secara keseluruha­n, jumlah kekayaan para miliuner tahun ini mencapai USD 13,1 triliun (Rp 190.028 triliun).

Para perempuan pun ikut berjaya. Tahun ini, ada 328 miliuner perempuan. Naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 241 orang. Predikat perempuan terkaya kini menjadi milik Francoise Bettencour­t Meyers, pewaris L’Oreal. Jumlah kekayaanny­a tahun ini mencapai USD 73,6 miliar (Rp 1.067 triliun), dampak meningkatk­an profit perusahaan serta naiknya harga saham L’Oreal hingga 40 persen. Perempuan peringkat pertama tahun lalu, Alice Walton, turun ke peringkat kedua.

 ?? JEAN-BAPTISTE LACROIX / AFP ??
JEAN-BAPTISTE LACROIX / AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia