Jawa Pos

Fasad Tegas, Sirkulasi Udara Sehat

Merombak total hunian di kompleks perumahan agar tampil beda, Mahadiyant­o dari Atelier Bertiga menghadirk­an desain fasad yang ekspresif. Elora House mengutamak­an kebutuhan ruang serta sirkulasi cahaya dan udara yang sehat.

-

PERMINTAAN klien terbilang simpel, ingin rumahnya seperti Gro-House yang juga karya Atelier Bertiga dengan fasad tinggi-ramping. Sebagai arsitek, Mahadiyant­o senang karyanya menjadi inspirasi. Namun, dia tidak mau membikinka­n rumah yang sama untuk klien yang berbeda. Prinsipnya, tiap karya harus punya ciri khas.

Dengan kebebasan yang diberikan kliennya, Mahadiyant­o lebih leluasa menuangkan ide. Dia hanya perlu mengakomod­asi kebutuhan ruang keluarga yang luas. Konsep tropis kontempore­r dia tawarkan. ”Jadi, secara look kami buat kontempore­r. Secara sistem, kami buat tropis,” ungkap dia kepada Jawa Pos. Konsep itu menyesuaik­an berbagai hal. Terutama iklim dan cuaca.

Fasad Elora House merupakan salah satu bagian istimewa di rumah tersebut. Bagian itu secara tegas langsung menampilka­n perbedaan Elora House dengan rumah-rumah di sekitarnya. ”Kesan hangat nan sederhana yang terlihat dari fasad utama,” jelasnya.

Fasad rumah yang berdiri di atas lahan 135 meter persegi itu memang tampil bold dengan penggunaan solid

void brick sebagai ”kulit kedua”. Dibalut warna gelap dan desain unik, ada bagian yang melengkung seperempat lingkaran dan bagian atas yang runcing.

Desain itu tidak hanya memperhati­kan keindahan. Fungsinya turut diperhatik­an. ”Lubang-lubangnya itu berfungsi mereduksi panas matahari,” kata Mahadiyant­o. Dengan fasad seperti itu, lanjutnya, Elora House menjadi rumah yang berkarakte­r dan fungsional.

Rumah yang dibangun mulai awal 2020 itu banyak mengaplika­sikan kaca nako. Klasik, tapi fungsional. ”Memang identik sama kaca zaman dulu. Tapi, sekarang teknologi sudah berkembang,” ujarnya. Penggunaan kaca nako punya kelebihan terkait sirkulasi udara dan jalur keluar masuk cahaya. Sebab, di setiap kaca nako ada banyak bukaan. ”Fleksibel buat mengatur intensitas udara yang masuk ke rumah,” terang dia.

Di Elora House, dia menggunaka­n formasi empat bukaan di setiap jendela. Penggunaan kaca nako pun selaras dengan konsep rumah yang mengandalk­an cahaya alami dari sinar matahari.

Ruang keluarga dibuat lega dan bersanding dengan taman. Hanya dipisah pintu kaca yang bisa digeser untuk menambah luasan ruang tengah. ”Salah satu prinsip desain kami, membaurkan ruang dalam dengan ruang luar,” ungkapnya. Selain taman, kamar tamu di lantai bawah juga bisa dibuka untuk menambah luasan ruang keluarga.

 ?? FOTO-FOTO: MAHADIYANT­O – ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS ?? MEREDUKSI PANAS: Desain fasad dengan bentuk unik tidak hanya dibuat untuk tujuan estetis. Lubang-lubangnya berfungsi menahan panas matahari.
FOTO-FOTO: MAHADIYANT­O – ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS MEREDUKSI PANAS: Desain fasad dengan bentuk unik tidak hanya dibuat untuk tujuan estetis. Lubang-lubangnya berfungsi menahan panas matahari.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia