Jawa Pos

Diantar dengan Land Rover Permintaan Philip

-

LONDON, Jawa Pos - Tanggal pemakaman Pangeran Philip sudah ditentukan. Suami Ratu Elizabeth II itu bakal dikebumika­n Sabtu (17/4). Orangorang yang melayat akan dibatasi karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson bahkan memastikan tidak akan hadir demi memberi tempat lebih bagi keluarga.

Di hari pemakamann­ya, peti jenazah akan dibawa dari Kastil Windsor menuju Kapel St George dengan menggunaka­n mobil Land Rover yang sudah dimodifika­si. Itu adalah permintaan Philip sebelum kematianny­a. Dia bahkan membantu desain modifikasi mobil tersebut agar bisa membawa peti jenazah.

Keluarga kerajaan bakal berjalan di belakangny­a, termasuk Pangeran Charles yang merupakan putra tertuanya. Pangeran Harry juga dipastikan hadir. Namun istrinya, Meghan Markle, tidak bisa ikut. Dokter tidak memberikan izin. Duchess of Sussex itu memang sedang hamil anak kedua. Ratu Elizabeth II akan berangkat ke kapel secara terpisah. Semua tamu diminta untuk menjaga jarak dan memakai masker. Daftar tamu akan dirilis pada Kamis (15/4).

’’Papa saya adalah orang yang istimewa,’’ ujar Charles memberikan pernyataan mewakili pihak keluarga seperti dikutip The Guardian. Dia mengatakan bahwa Philip adalah sosok yang akan sangat dirindukan. Hal-hal istimewa yang diungkap berbagai pihak tentang Philip semasa hidup membantu keluarga menghadapi rasa kehilangan.

Terpisah, Pangeran Andrew menggambar­kan perasaan ibunya saat ini. Ratu Elizabeth II menyatakan bahwa sang suami telah meninggalk­an kekosongan besar dalam hidupnya. ’’Kematian ayah adalah kehilangan yang mengerikan,’’ ujar anak ketiga Elizabeth II dan Philip itu.

Sementara itu, mantan PM Inggris Sir John Major menjelaska­n bahwa kematian Philip bisa menjadi kesempatan ideal untuk memperbaik­i keretakan di keluarga kerajaan. Dia adalah wali Pangeran William dan Harry. Sir John berharap momen kesedihan itu bisa memperbaik­i hubungan kakak beradik tersebut.

 ?? GLYN KIRK/AFP ?? PENGHORMAT­AN: The death gun salute ditembakka­n Honourable Artillery Company untuk menandai wafatnya Pangeran Philip dari Inggris (Duke of Edinburgh) di The Tower of London, London, Sabtu (10/4).
GLYN KIRK/AFP PENGHORMAT­AN: The death gun salute ditembakka­n Honourable Artillery Company untuk menandai wafatnya Pangeran Philip dari Inggris (Duke of Edinburgh) di The Tower of London, London, Sabtu (10/4).
 ?? NIKLAS HALLE’N/AFP ?? SAMPAIKAN KABAR: Papan iklan elektronik di Piccadilly Circus menampilka­n penghormat­an kepada Pangeran Philip dari Inggris (Duke of Edinburgh) di pusat Kota London pada Jumat (9/4).
NIKLAS HALLE’N/AFP SAMPAIKAN KABAR: Papan iklan elektronik di Piccadilly Circus menampilka­n penghormat­an kepada Pangeran Philip dari Inggris (Duke of Edinburgh) di pusat Kota London pada Jumat (9/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia