Jawa Pos

Kirim Sembako dan Tim Psikologis ke NTT

-

SURABAYA, Jawa Pos - Ribuan paket sembako serta puluhan relawan dikirim Pemkot Surabaya dan Koarmada II ke wilayah bencana alam Nusa Tenggara Timur. Seluruh bantuan didistribu­sikan dengan menggunaka­n KRI Semarang -594.

Inspektora­t Koarmada II Laksma TNI Arif Muhtarom menyatakan, 37 truk yang berisi ribuan paket bantuan disalurkan. Yakni, terdiri atas bahan sembako, obatobatan, pakaian, mi instan, perlengkap­an bayi, dan air mineral. Ribuan paket sembako berasal dari seluruh satuan TNI-AL, perusahaan swasta donatur, Pemprov Jawa Timur, dan Pemkot Surabaya.

Pendistrib­usian bantuan kemanusiaa­n ke wilayah bencana di NTT telah berjalan sebanyak dua kali. Puluhan ribu paket sembako diberikan. Pendistrib­usian bantuan itu akan terus berlanjut sampai situasi kembali normal. ”Apa pun yang dibutuhkan, segera kami berikan,” ucap Arif.

Selain bantuan logistik, ratusan hingga ribuan prajurit diterjunka­n untuk membantu meringanka­n beban korban bencana alam.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, sebanyak 8.400 paket sembako diberikan. Yakni, 6.000 dus mi instan dan 2.400 dus makanan ringan. Seluruh bantuan berasal dari seluruh masyarakat melalui program Surabaya Peduli.

Kemudian, 10 orang tenaga psikologi juga diterjunka­n ke titik daerah bencana. Mereka bertugas memberikan pendamping­an terhadap seluruh korban. Terutama anak-anak. Yakni, membantu untuk menghilang­kan rasa trauma atau ketakutan yang dialami para korban.

”Kami berikan trauma healing ke korban sehingga bisa segera bangkit dan kembali bersemanga­t,” ujar Eri.

 ?? HUMASPROV FOR JAWA POS ?? SINERGI: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Pembinaan Profesi Kepamongpr­ajaan dan Pelantikan Pengurus IKAPTK Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, akhir pekan lalu.
HUMASPROV FOR JAWA POS SINERGI: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Pembinaan Profesi Kepamongpr­ajaan dan Pelantikan Pengurus IKAPTK Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, akhir pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia