Jawa Pos

Comeback Marquez Sebuah Perjudian

-

PORTIMAO, Jawa Pos – Marc Marquez bakal come back di GP Portugal pada 18 April mendatang. Kehadiran Marquez di Sirkuit Internasio­nal Algarve, Portimao, itu bak mood

bagi Repsol Honda. Bagaimana tidak, pabrikan asal Jepang itu gagal total dalam dua seri sebelumnya. Yakni, di GP Qatar dan GP Doha pada 28 Maret dan 4 April lalu. Dua pembalap mereka, Pol Espargaro dan pengganti Marquez, Stefan Bradl, belum sekali pun naik podium.

Nah, motivasi Repsol Honda

berasal dari rekam jejak Marquez yang impresif ketika tampil di Portugal. Dari total lima race di Portugal sepanjang kariernya, pembalap asal Spanyol itu dua kali jadi yang terdepan. Tepatnya pada edisi 2010 dan 2012. Hanya, itu juga bak perjudian bagi mereka. Sebab, semua race Marquez di Portugal tersebut terjadi ketika dia masih berkutat di kelas Moto2 dan 125cc.

Apalagi, catatan itu juga dibukukan di Sirkuit Estoril yang nonaktif di MotoGP sejak 2013. Atau tahun pertama Marquez mentas ke MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasio­nal Algarve baru digunakan untuk MotoGP sejak tahun lalu. ’’Dalam tinjauan yang dilakukan kepada Márquez oleh tim medis Rumah Sakit Ruber Internacio­nal, ditemukan kondisi klinis yang sangat memuaskan. Tentu dengan asumsi risiko yang wajar dalam aktivitas olahragany­a.’’ Bunyi pernyataan resmi Repsol Honda seperti dilansir Crash.

Repsol Honda menyadari bahwa comeback-nya Marquez adalah sebuah perjudian. Terutama dari kondisi fisiknya. Sebab, bukan tidak mungkin masih ada kemungkina­n lengan kanannya bermasalah.

Faktor psikis juga berpengaru­h. Pasalnya, Marquez sudah absen di dua race awal. Artinya, juara enam kali MotoGP itu sudah minus 50 poin. Atau nominal yang sama jika mampu sapu bersih. Untuk mengejar selisih poin, Marquez tentu bakal mengerahka­n segenap kemampuann­ya. Ini tentu berpengaru­h pada psikologis­nya di lintasan balapan.

Perjudian selanjutny­a adalah mengenai waktu yang dibutuhkan Marquez untuk adaptasi atau menemukan lagi ritmenya di race sesungguhn­ya. Sebab, selama cedera, dia hanya melakukan test ride seperti yang dilakukann­ya di Sirkuit Algarve pada 19 Maret lalu. Sirkuit tersebut memang jadi tempat untuk comeback-nya akhir pekan ini. Namun, Marquez belum mendapat atmosfer yang sama antara test ride dan race sungguhan.

 ?? CRASH ?? DONGKRAK MOTIVASI: Marc Marquez bersama para kru Honda setelah tes di Sirkuit Algarve (19/3).
CRASH DONGKRAK MOTIVASI: Marc Marquez bersama para kru Honda setelah tes di Sirkuit Algarve (19/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia