Jawa Pos

Babak Kedua Milik Persebaya

Green Force Terhenti di Perempat Final

-

SLEMAN, Jawa Pos – Langkah Persebaya Surabaya di Piala Menpora 2021 harus terhenti. Pasukan Green Force –julukan Persebaya– harus ’’mudik’’ duluan setelah ditundukka­n Persib Bandung

2-3 (0-3) di Stadion Maguwoharj­o, Sleman, tadi malam.

Persebaya yang turun tanpa pemain sayap kebobolan cepat pada babak pertama. Tepatnya pada menit pertama melalui

Ezra Walian. Gol cepat itu mengganggu konsentras­i Rachmat Irianto dkk. Akibatnya, lima menit kemudian, Persib kembali mencetak gol melalui Wander Luiz. Persebaya makin tertinggal setelah Nick Kuipers melesakkan gol ketiga buat Persib pada menit ke-37.

Persib pun makin di atas angin setelah kiper Persebaya Satria Tama diganjar kartu merah pada menit ke-45. Satria Tama sengaja menyentuh bola di luar kotak penalti.

Tertinggal tiga gol dan hanya memiliki sepuluh pemain memaksa pelatih Aji Santoso melakukan perubahan strategi. Aji memasukkan Samsul Arif dan Akbar Firmansyah pada babak kedua. Masuknya dua pemain tersebut membuat permainan Persebaya lebih agresif. Bahkan, Persebaya mampu menguasai permainan meski bermain dengan sepuluh pemain. Puncaknya, Arif Satria bisa mencetak gol pada menit ke-62.

Persebaya makin mendominas­i setelah Persib juga bermain dengan sepuluh pemain menyusul kartu merah yang diterima Wander Luiz (64’). Hasilnya, sundulan M. Syaifuddin pada menit ke-90 membuat Persebaya mampu memperkeci­l ketertingg­alan menjadi 2-3.

Sayang, setelah itu, tak ada lagi gol tambahan yang diciptakan Persebaya. Namun, pelatih Persib Robert Rene Alberts mengakui Persebaya lebih mendominas­i pada babak kedua. ’’Babak pertama memang milik Persib, tapi babak kedua milik Persebaya,’’ kata Alberts. ’’Kami menang karena bisa cetak tiga gol, sedangkan lawan hanya dua gol,’’ ujarnya. Aji juga mengapresi­asi perjuangan pasukannya. Dia menyebut, dipasangny­a Marselino Ferdinan sebagai starter dan dijadikann­ya Rachmat Irianto sebagai gelandang bertahan juga bukan penyebab kekalahan Persebaya. Sebab, Aji ingin memaksimal­kan potensi yang dipunyai pemainnya. Menurut dia, para pemain bermain sangat bagus selama 90 menit. ’’Kami tetap bermain dengan satu-dua sentuhan, beranimene­kan,longpassya­ngdilakuka­n juga berjalan baik. Bahkan, dengan sepuluh pemain, kami tetap bisa mencetak gol,’’ tutur Aji.

Lalu, bagaimana dengan kepemimpin­an wasit? Sebab, selain kartu merah untuk Satria Tama, Persebaya seharusnya mendapat penalti pada akhir laga setelah pemain Persib menyentuh bola dengan tangan. Aji pun tidak mau berkomenta­r banyak.

’’Kalau Satria Tama, jujur saya fair memang layak mendapatka­n kartu. Tapi, yang penalti, saya dari jauh tidak terlalu terlihat. Mungkin wasit lebih tahu,’’ paparnya.

BIKIN BANGGA: Bek Persib Bandung Ardi Idrus (kiri) memotong pergerakan pemain muda Persebaya Marselino Ferdinan.

 ?? HERLAMBANG/JAWA POS ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
HERLAMBANG/JAWA POS ALLEX QOMARULLA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia