Jawa Pos

Materi Lokal Sudah Cukup

-

TIKET semifinal memang gagal diraih Persebaya Surabaya. Namun, penampilan Rachmat Irianto dkk patut diacungi jempol. Bermain dengan amunisi full lokal, skuad Green Force bisa mengimbang­i kontestan lain yang diperkuat pemain asing dan naturalisa­si. Bahkan, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts pun memuji skuad Persebaya.

Menurut mantan pelatih PSM Makassar itu, Persebaya sudah berhasil membangun fondasi tim dengan baik. ”Mereka punya pemain under 23 yang luar biasa. Berkualita­s, mau kerja keras, dan bermain dengan rasa bangga. Saya mengucapka­n selamat kepada Persebaya,” papar Alberts.

Pelatih Persebaya Aji Santoso juga menyatakan puas dengan hasil selama Piala Menpora. ”Pemain saya bermain fantastis. Full lokal melawan Persib yang full team dengan pemain asing skuadnya, justru bisa tampil menekan,” ujarnya.

Dengan kualitas full lokalnya, Aji sudah tidak bingung untuk mencari pemain lokal baru. ”Kalaupun cari, harus pemain muda dengan kualitas di atas rata-rata. Di luar itu tidak akan saya ambil,” ucap dia.

Setidaknya sama atau melebihi kualitas Marselino Ferdinand. Menurut Aji, adik kandung Oktafianus Fernando itu menunjukka­n kualitas luar biasa meski usianya baru 17 tahun. ”Hari ini (kemarin, Red) dan ketika melawan PSS juga bagus. Mentalnya juga bagus,” ungkapnya.

Aji menegaskan hanya butuh tambahan pemain asing menuju Liga 1. Setidaknya masing-masing satu pemain untuk posisi depan, tengah, dan bek. ”Kalau dapat pemain asing berkualita­s, insya Allah kami akan berbicara banyak di liga nanti,” tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia