Jawa Pos

Jadikan Masjid sebagai Pusat Ekonomi Umat

-

SURABAYA, Jawa Pos - Bagi Wali Kota Eri Cahyadi, masjid memiliki potensi yang sangat besar. Tidak sebatas tempat jamaah beribadah, tapi masjid juga bisa menjadi penggerak ekonomi.

Visi itu disampaika­n Eri saat menghadiri pengesahan kepengurus­an Dewan Masjid Indonesia (DMI) tingkat kecamatan se-Surabaya kemarin (11/4). Pejabat 43 tahun itu menjelaska­n, masjid bisa difungsika­n untuk pengembang­an ekonomi. Seluruh masjid memiliki kemampuan itu. ’’Intinya, untuk kemakmuran warga,’’ jelas suami Rini Andriyani tersebut.

Salah satu cara pengembang­an ekonomi adalah lewat pengelolaa­n zakat dan sedekah. Eri membuka peluang pemkot bekerja sama dengan seluruh masjid di Kota Pahlawan dalam mengelola zakat. Pembayaran bantuan itu dikumpulka­n menjadi satu dan diserahkan ke Badan Amil Zakat (BAZ) Surabaya. Distribusi dilakukan oleh BAZ. ’’Saya yakin gak onok warga miskin lagi di Surabaya,’’ ucapnya.

Selain itu, masjid ikut berperan dalam penanganan sosial. Misalnya, dengan gerakan anak asuh masjid. ’’Ketika berjalan, dampaknya sangat besar bagi warga,’’ terangnya.

Pada momen pengesahan pengurus itu, Eri menegaskan bahwa pemkot akan terus meningkatk­an koordinasi dengan DMI. Minggu depan pemkot mengajak DMI untuk memastikan awal mula bulan puasa. Pengamatan hilal dilakukan di Tunjungan Plaza serta di Nambangan, Kenjeran.

Mantan kepala bappeko itu juga berencana safari ke sejumlah masjid. Menyapa warga serta menghadiri kegiatan puasa yang dihelat masjid. ’’Ini menunjukka­n kebersamaa­n,’’ paparnya.

Sementara itu, Ketua DMI Surabaya Arif Afandi menyambut baik langkah yang dilakukan pemkot. Menurut dia, masjid memang memiliki potensi besar untuk memakmurka­n umat. Pada zaman Rasulullah, masjid memiliki peran penting. ’’Menjadi pusat kemajuan umat,’’ terangnya.

Saat puasa, DMI akan mendamping­i Eri safari ke masjid. Mantan wakil wali kota itu berharap, kegiatan tersebut menjadi contoh bagi warga.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MEMAKMURKA­N MASJID: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (depan, dua dari kiri) bersama Ketua DMI Surabaya Arif Afandi saat pengukuhan pengurus tingkat kecamatan.
FRIZAL/JAWA POS MEMAKMURKA­N MASJID: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (depan, dua dari kiri) bersama Ketua DMI Surabaya Arif Afandi saat pengukuhan pengurus tingkat kecamatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia